UPACARA VIRTUAL SDN 2 BATURETNO PEMBANGKIT SEMANGAT BELAJAR DI AWAL SEMESTER 2 SAAT PANDEMI

Upacara bendera hari Senin rutin dilaksanakan di setiap sekolah dan jenjang. Kegiatan ini dapat memupuk kedisiplinan dan menumbuhkan rasa nasionalisme speserta didik. Kerja sama sebagai petugas upacara juga dapat dilatih dalam kegiatan ini. Peserta didik juga akan lebih memahami makna kemerdekaan yang telah dicapai Bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi covid-19 yang kita hadapi sekarang ini kegiatan upacara terpaksa juga tidak dapat kita laksanakan sepert biasa.

Berdasarkan surat edaran nomor 420/5875 tahun 2020 tentang pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi corona virus disease (covid-19) dimana tetap dilaksanakan secara BDR dengan pola PJJ maka sekolah tetap tidak bisa melakukan kegiatan KBM di sekolah. Sehingga untuk pelaksanaan upacara rutin hari Senin tetap tidak dapat dilaksanakan. SD Negeri 2 Baturetno berinisiatif untuk tetap melaksanakan kegiatan upacara virtual mengingat sudah hampir 9 bulan kegiatan upacara rutin hari Senin tidak bisa dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk tetap melatih kedisiplinan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air peserta didik.

Upacara virtual dilaksanakan hari Senin Tanggal 4 Januari 2020 di SDN 2 Baturetno mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Sebagai petugas upacara yaitu semua guru dan karyawan SDN 2 Baturetno. Link untuk bergabung dalam kegiatan upacara virtual ini sebelumnya telah dibagi kepada peserta didik melalui grup WA masing-masing kelas.

Hampir 200 dari 250 peserta didik sudah dapat bergabung dalam upacara virtual yang diselenggarakan karena sebagian tidak biasa masuk terkendala sinyal. Dalam amanat upacara Kepala SD N 2 Baturetno Bapak Eko Hargito,S.Pd.M.Pd Mengingatkan, “Anak-anak yang kami banggakan, tetap belajar walaupun di rumah, tinggalkan kegiatan yang tidak membawa manfaat seperti game yang berlebihan, dan jangan lupa jaga kesehatan, ingat 3M ( mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, Memakai masker saat keluar rumah, dan Menjaga jarak aman) agar rantai penyebaran virus Covid-19 tidak berkembang, serta bapak ibu guru akan selalu membimbing dan mendampingi kalian saat belajar walaupun BDR!”. Amanat yang singkat namun sarat nasehat dan motivasi ini semoga dapat membuat anak-anak lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan BDR.  Pada Akhir Upacara di tutup dengan doa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa semoga Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh negara segera selesai.

Secara kesuluruhan upacara virtual berjalan lancar. Diharapkan kegiatan upacara virtual tetap dapat dilaksanakan setiap hari Senin selama masa pandemi berlangsung.

 

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter