KARANG TARUNA TUNAS MUDA GELAR LOMBA HUT KE-77 RI

Sendangrejo (14/08/2022), karang taruna Tunas Muda dusun Tekil Wetan desa Sendangrejo mengadakan lomba untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Kegiatan lomba yang digelar diantaranya lomba anak-anak, lomba ibu-ibu dan lomba bapak-bapak.  Peserta lomba adalah warga masyarakat dusun Tekil Wetan dan sekitarnya. Semua kegiatan perlombaan diselenggarakan oleh anggota karang taruna Tunas Muda. Peraturan lomba dibuat menarik. Panitia juga menyediakan banyak hadiah untuk pemenang lomba sebagai penyemangat peserta lomba. Acara berlangsung sangat meriah.

Lomba anak-anak terdiri dari  lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, sendok kelereng, menggiring bola dengan terong  dan estafet kardus.Lomba ibu-ibu antara lain; menggiring bola dengan terong, joget jeruk, voly terpal, dan engklek bola. Lomba bapak-bapak yaitu: voly terpal, panjat pinang, dan tarik tambang. Lomba anak yang pertama yaitu lomba makan kerupuk. Lomba ini diikuti oleh 10 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari  5 peserta. Peserta yang menghabiskan kerupuk lebih awal akan menjadi pemenangnya. Setiap kelompok diambil 3 pemenang yang akan difinal dengan pemenang dari kelompok lain untuk memperoleh juara 1, 2, dan 3.

Lomba yang kedua Estafet kardus. Lomba diikuti oleh 10 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok akan diambil 3 pemenang yang nantinya akan ditandingkan lagi dengan pemenang dari kelompok lain, sehingga akan didapat pemenang 1, 2, dan 3. Lomba anak-anak yang lainnya seperti memasukkan paku kedalam botol, giring bola dengan terong, dan sendok kelereng dilakukan pada hari itu juga.

Untuk memeriahkan HUT ke-77 RI  ini ibu-ibu dusun Tekil  Etan juga mengikuti lomba yang diselenggarakan Karang Taruna Tunas Muda, lomba ibu-ibu yang pertama yaitu joget jeruk. Peserta secara berpasangan meletakkan buah jeruk di dahi sambil berjoget dan diiringi musik. Pasangan peserta yang bertahan sampai musik berhenti menjadi pemenang. Pasangan peserta yang buah jeruknya terjatuh dinyatakan kalah.

Lomba ibu-ibu yang kedua yaitu engklek bola. Peraturan permainan engklek bola, bola dijepit diantara tumit dan paha seperti saat melakukan engklek dan dilanjutkan engklek dari garis start sampai finish. Peserta harus menjaga bola agar tidak jatuh. Pemenangnya adalah peserta yang sampai finish terlebih dahulu dan bolanya tidak jatuh. Lomba selanjutnya yaitu giring bola dengan terong pesertanya adalah ibu-ibu. Pemenangnya adalah peserta yang sampai garis finish terlebih dahulu.

Lomba selanjutnya yaitu lomba voly terpal yang diikuti oleh ibu-ibu dan bapak-bapak. Setiap tim terdiri dari 4 peserta. Peraturan permainan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk game dalam setiap setnya mencari nilai 21 poin dengan sistem reli poin dan dua kali kemenangan. Lomba panjat pinang dilaksanakan khusus untuk bapak-bapak saja, tiap regu dalam perlombaan panjat pinang ini terdiri dari 5 orang. Pelaksanaan lomba panjat pinang yaitu dengan adu cepat dalam memanjat pinang yang terbuat dari bambu yang sudah dilumuri lumpur dan oli. Peserta yang bisa mencapai puncak berhak mengambil hadiah yang sudah digantung diatas pinang. Lomba bapak-bapak berikutnya yaitu lomba tarik tambang diikuti oleh 2 kelompok peserta yang masing-masing terdiri dari 6 orang. Cara bermain yaitu setiap kelompok memegang tali tambang sampai ada aba-aba mulai kemudian peserta saling tarik menarik sampai salah satu tim melewati garis tengah. Pemenangnya adalah tim yang bisa menarik lawannya melewati garis tengah.

Pada akhir acara kegiatan diadakan pengumuman pemenang dari berbagai perlombaan dari semua kategori. Lomba anak-anak makan kerupuk, juara pertama dimenangkan oleh Nesya, juara kedua Raihan, dan juara ketiga dimenangkan oleh Gilang. Lomba memasukkan paku kedalam botol juara pertama dimenangkan oleh Calista, juara kedua Zahra, dan juara ketiga Reza. Lomba sendok kelereng juara pertamanya adalah Chelsea, juara kedua Zahra, dan juara ketiga Aska. Lomba lompat kardus juara pertamanya Nesya, juara kedua Chelsea, dan juara ketiga Hasna.

Lomba ibu-ibu menggiring bola dengan terong juara pertamanya Wulan, juara kedua Beti, juara ketiga Darsi. Lomba joget jeruk juara pertama dimenangkan oleh pasangan Deni dan Titin, juara kedua oleh pasangan Wulan dan Iis, juara ketiga pasangan Wiji dan Anik. Lomba engklek bola juara pertama dimenangkan oleh Wulan, juara kedua Deni, juara ketiga Ita. Lomba voly terpal dimenangkan oleh tim dengan peserta Darsi, Deni, Beti, dan Susi.

“ Dari kegiatan lomba yang kita gelar ini dapat diambil banyak hikmah yaitu semangat gotong royong, sebagai  sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan meningkatkan persatuan warga Tekil Wetan dan sekitarnya untuk menuju pulih lebih cepat bangkit lebih kuat ” kata Yanto ketua karangtaruna Tunas Muda dipenghujung acara. Setelah acara pembagian hadiah selesai, maka serangkaian lomba  dalam rangka  HUT ke-77 RI  di dusun Tekil Wetan  selesai. Acara ditutup dengan doa bersama.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter