KALAU BUKAN KITA…SIAPA LAGI? AYO, JAGA INDAHNYA BUMI

Lingkungan bersih adalah lingkungan yang bebas dari polusi udara, polusi air dan suasana sejuk segar. Manfaat dari menjaga lingkungan ini sangatlah baik bagi kesehatan hidup manusia, serta dapat menjadi penyeimbang antar makhluk hidup. Menjaga lingkungan alam menjadi prioritas yang sangat tinggi demi kenyamanan hidup agar terhindar dari berbagai penyakit. Tak heran jika kata ‘menjaga bumi, menjaga masa depan’ patut selalu kita tanamkan dalam hati.

Terkadang kesibukan bekerja atau ke sekolah membuat kita terasa penat dan lupa kalau bumi yang kita pijak ini semakin tua. Kita hanya bisa melihat bumi yang beranjak tidak sehat akibat ulah manusia sendiri. Sebelum melewatkannya pastikan kita menghargai bumi ini dengan menikmati keindahannya. Kebersihan di lingkungan sekolah memang sangatlah penting. Seringkali melihat berbagai macam sampah yang ada di sekolah. Dahulu sebelum ada Pandemi Covid-19, siswa dilatih disiplin menjaga lingkungan dan dibiasakan memelihara lingkungan sekitar. Dengan menjaga lingkungan, diharapkan sekolah menjadi ruang yang nyaman bagi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar dan sarana tempat bermain ketika jam istirahat. Di masa Pandemi Covid-19 saat ini, walaupun anak-anak melaksanakan belajar/PJJ dari rumah, guru dan penjaga tetap semangat menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

“Kalau bukan kita… siapa lagi? Ayo, jaga indahnya bumi”. Begitulah slogan Himpaudi dan IGTKI Baturetno pada tanggal 19 September 2020 yang juga merupakan Hari Kebersihan Sedunia. Semua lembaga pendidikan bahu membahu dan berpartisipasi untuk memperingatinya. Kegiatan ini dengan serentak dilaksanakan di lingkungan sekolah masing masing. Selain guru dan penjaga sekolah, anak anak dan orang tua murid juga turut serta melaksanakan kebersihan di lingkungan sekitarnya. Hal ini dengan maksud untuk tetap menjaga keindahan, kenyamanan dan kebersihan di lingkungan sekolah dan rumah. Keindahan dan kebersihan tetap menjadi prioritas utama dalam Gerakan Serentak Sabtu Bersih (G2SB) ini. Di masa Pandemi Covid-19 ini, jangan lelah dan lengah dalam menjaga kebersihan. Selain kebersihan di halaman agar selalu tampak indah dan berseri, juga harus selalu memperhatikan kebersihan di dalam ruangan. Ruangan kelas maupun di kantor, di lingkungan rumah maupun di sekitar rumah. Semua perabot yang ada di dalam kelas, kantor, maupun di dalam rumah dibersihkan.

Dengan selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan rumah, kita dapat merasakan kenyamanan dan aman dalam melaksanakan berbagai aktifitas di lingkungan sekolah dan rumah. Kita tidak perlu khawatir atau was-was dalam beraktifitas di lingkungan sekolah dan di rumah. Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di sekolah dan lingkungan rumah. Jadi tidak ada alas an bagi kita untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi? Ayo, jaga indahnya bumi agar tetap lestari.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter