K3TK BATURETNO GELAR SOSIALISASI PKKS DAN PKG TAHUN 2020

Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-kanak (K3TK) Kecamatan Baturetno pada hari Senin, 26 Oktober 2020 menggelar sosialisasi dan membahas tentang instrument aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dan Instrumen Penilaian Kinerja Guru (PKG) Tahun 2020. Kegiatan pada pagi hari tersebut dilaksanakan di Aula TK Islam Al Falah Kecamatan Baturetno yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sosialisasi ini dihadiri Bapak Warno, S.Pd.M.Pd. selaku Korwil Kecamatan Bidang Pendididkan Baturetno beserta Ibu Sumini, S.Pd. selaku Pengawas TK Kecamatan Baturetno. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Dian Ekawati, S.Pd.M.Pd. yang merupakan Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno.


Acara dibuka oleh Ibu Puji Rahayu, S.Pd selaku pembawa acara, dan diawali doa bersama yang di pimpin oleh Ibu Dewi Akhirtantaik, S.Pd AUD. selaku Ketua K3TK. Mengawali sambutannya Bapak Warno, S.Pd.M.Pd selaku Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno menyampaikan bahwa tujuan dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Kepala Sekolah dan ketercapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di sekolah. Selanjutnya dalam sambutan Ibu Sumini, S.Pd. selaku Pengawas TK Kecamatan Baturetno menyampaikan beberapa manfaat yang diperoleh dari PKKS dan PKG adalah untuk menentukan indeks prestasi guna menentukan kebijakan Pembinaan Kemampuan Profesional serta Penilaian angka kredit.


Materi PKKS dan PKG Tahun 2020 dalam sosialisasi ini disampaikan oleh ibu Dian Ekawati, S.Pd, M.Pd. yang merupakan Kepala Sekolah Termuda dan Berprestasi di TK Negeri Pembina Kecamatan Baturetno. Narasumber menyampaikan materi mengenai sasaran, metode, dan langkah-langkah penilaian kinerja kepala sekolah dan guru, kemudian menjelaskan secara komplit tentang pola komponen dan indikator penilaian serta kriteria dalam penilaian.


Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno berharap dengan adanya acara ini penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) dapat tersosialisasi dan berjalan dengan baik serta sesuai harapan pihak terkait. Hal ini karena PKKS bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. (@galuh wh)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter