KKG GUGUS PAUD MATAHARI 2,3,5 KUPAS TUNTAS MODEL PEMBELAJARAN DI PAUD

Program Kegiatan yang perdana yang diadakan oleh KKG Gugus PAUD MAtahari 2,3,5 membahas tentang Model Pembelajaran di PAUD.Pada Hari Kamis tanggal 24 Februari 2022 dan bertempat di TK Aisyiyah V Kegiatan KKG Gugus pada bulan Februari ini di mulai perdana.

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Mars PAUD oleh semua anggota peserta KKG dinyanyikan dengan hikmat.Pembukan di buka oleh Ibu Ima Wardani selaku Ketua KKG Gugus  PAUD Matahari . Sambutan yang di sampaikan oleh Bapak Arip selaku Pengawas KB , dan memberikan ijin bahwasana ibu Sumini tidak dapat mendampingi berjalannya KKG pada hari ini di karenakan ada acara Distrik Monef BOP.

Memasuki Acara inti, Iskandaryati, S.Pd AUD dari TK Aisyiyah XII Baturetno sebagai narasumber menyampaikan penjabaran tentang Model Pembelajaran. Model Pembelajaran adalah suatu rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkunganyang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan/ perkembangan pada diri anak.

Adapun komponen pembelajaran meliputi:

  1. Konsep
  2. Tujuan
  3. Langkah Langkah
  4. Metode
  5. Alat / Sumber Belajar
  6. Dan Tehnik evaluasi

Adapula beberapa Model Pembelajaran yang dilaksanakan di TK :

  • M.P Klasikal
  • M.P Kelompok dengan Sudut Pengaman
  • M.P Model Sudut
  • M.P Model Sentra

Dari semua model pembelajaran tersebut pada umumnya menggunakan Langkah Langkah yang relative sama dalam sehari yaitu

  • Kegiatan Awal, Inti, Istirahat, Kegiatan Akhir

# Model Pembelajaran Klasikal adalah pola pembelajaran dimana dalam waktu yang sama kegiatan di lakukan oleh seluruh anak dalam satu kelas

# Model Pembelajaran Kelompok adalah pola pembelajaran dimana anak di bagi menjadi beberapa kelompok melakukan kegiatan yang berbeda dalam satuhari

# Medel Pembelajaran Model/Sudut adalah Kegiatan Belajar mengajar dengan model pembelajaran berdasarkan sudut sudut kegiatan.

# Model Pembelajaran Model Area lebih memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan sendiri sesuai minat

# Model Pembelajaran Model Sentra yaitu mempunyai ciri utama scaffolding(pijakan).Sentra ini nmembutuhkan persiapan yang cukup matangdengan sarana bermain yang lebih lengkap serta guru/pendidik yang banyak.

Pada isian selanjutnya di sampaikan oleh Yuniar Tyas Tubagus,S.Pd dari TK Aisyiyah V Kecamatan Baturetno dengan menyampaikan pembuatan APE Papan Selancar Balon dengan bahan dan cara pembutannya adalah

  1. Kardus dipotong membentuk lonjong
  2. 2 Buah sedotan dipotong dan ditempel di kardus
  3. 4 buah tutup botol dilubangi kemudian di pasang dengan tusuk sate dan di masukkan ke dalam sedotan menjadi roda
  4. Masukan sedotan kedalambalon lalu diberi selotif dan di tempel di atas papan selancar kardus
  5. Tiup balon kemudian lepaskan papan selancar akan bergerak jalan

Pada isian selanjutnya akan di sampaikan oleh Tri Wulandari,S.Pd dari TK Bina Putra Kecamatan Baturetno yang akan menyampaian pembuatan APE Roda Transportasi dengan bahan dan cara pembuatannya sebagai berikut

  1. Potong kardus melingkar kurleb diameter 30cm(2 keping)
  2. Warnai kertas gambar yg ber gambar kendaraan
  3. Tempel pada lempengan kardus 1, judul tempel pada lempengan kardus 2
  4. Agar gambar muncul tutup dengan solasi transparan semua sisi
  5. Pada lempeng 2 potong segitiga kurleb 6-8cm
  6. Tempel stik es krim bagian bawah 2 lempeng
  7. 2 lempeng satukan lubangi bagian tengah, ikat bagian tengah dengan ravia, siap untuk di putar dan tebak gambar.

Diakhir acara, kegiatan di tutup dengan bersama.@iskandaryati