PEMBUKAAN KEGIATAN KKKS DAN KKG SD SE-KECAMATAN BATURETNO TAHUN 2022

Mengawali kegiatan di tahun 2022, Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Kelompok Kerja Guru Kelas, Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta Kelompok Kerja Guru PJOK melaksanakan acara pembukaan secara virtual.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 di SD Negeri 2 Baturetno dan disiarkan secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, dilanjutkan dengan doa dan laporan dari ketua KKKS dan KKG.

Sigit Hartanto, selaku Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan KKKS terdiri dari 5 paket dan dilaksanakan setiap hari Kamis. Sasaran kegiatan ini adalah Kepala SD se-Kecamatan Baturetno.

Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Forum KKG Guru Kelas Kecamatan Baturetno, Siti Mualifah. Dalam laporannya, Siti menyampaikan bahwa kegiatan Kelompok Kerja Guru Kelas akan dibagi menjadi 5 paket yang dilaksanakan dalam 15 kali pertemuan. Sasaran kegiatan ini adalah guru kelas I – VI SD Negeri/swasta se-Kecamatan Baturetno.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Meningkatkan kualitas SDM yang kompeten dan professional di mana dalam hal ini bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Kecamatan Baturetno.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran (outcome siswa meningkat) karena memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran di Kecamatan Baturetno.
  3. Terpenuhinya PKB dalam rangka untuk memperoleh angka kredit sebagai sarana kenaikan pangkat.
  4. Merencanakan program jangka panjang terkait kualitas pendidikan secara umum.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  1. Terwujudnya peningkatan karier bagi guru SD yang ada Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.
  2. Memberikan kesempatan kepada guru untuk saling memberikan umpan balik, bertukar pengalaman, untuk peningkatan profesionalitas.
  3. Terlaksananya kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari tiga komponen yaitu: pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif

Adapun agenda kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari : Dinamika Kelas, TPACK, Asesmen Kompetensi Minimum, Publikasi Ilmiah dan Merdeka Belajar.

Acara selanjutnya, Nanang Sri Wibowo selaku ketua Kelompok Kerja Guru PJOK menyampaikan laporan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Maret 2022 sampai dengan 3 Agustus 2022. Kegiatan KKG pada awalnya akan dilaksanakan secara luring dan bertempat di SD Negeri 4 Baturetno, namun mengingat regulasi dan kondisi pandemi maka kegiatan akan dilaksanakan secara daring selama 15 kali pertemuan.

Paket kegiatan yang akan dilaksanakan adalah penyusunan perangkat pembelajaran, pengembangan model pembelajaran, pengembangan alat pembelajaran, instrument penilaian/e-Rapor dan pengembangan akun belajar.id.

Kegiatan KKG Guru PJOK diikuti oleh 27 guru PJOK SD Negeri/Swasta se-Kecamatan Baturetno dengan biasa swadaya dari masing-masing anggota KKG.

Laporan yang terakhir disampaikan oleh Septian Khabib Anshori selaku Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kegiatan KKG akan dilaksanakan dalam 5 paket kegiatan dalam 16 kali pertemuan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 bulan dan dilaksanakan setiap hari Sabtu.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno. Dalam sambutannya, Warno mengharapkan semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. (@lisastuti)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter