JUMAT BERSIH, BANGUN PENGUATAN KARAKTER ANAK

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar. Terciptanya suasana nyaman, bersih asri akan memberi dampak yang positif bagi warga sekolah. Program Jumat Bersih TK Aisyiyah VI Baturetno ini dilaksanakan setiap jumat. Jum’at Bersih yang merupakan program kerja rutin dilaksanakan. Pada setap Jumat pagi, seluruh warga sekolah berkumpul di halaman sekolah untuk kerja bakti. Biasanya, kerja bhakti membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, musholla, ruang kelas, taman, ruang guru, ruang dapur, dan sekitar sekolah.

Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah. Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, sekolah pun juga dapat terpelihara dengan baik. Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktifitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan Jum’at bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari karyawan, siswa, guru, dan Kepala Sekolah.

Jumat (27/05/2022) dimulai jam 07.30 sampai selesai, TK Aisyiyah VI Baturetno mengadakan kerja bakti/Jumat Bersih. Kegiatan ini dilaksanakan oleh peserta didik, orang tua wali murid dan guru dengan membawa peralatan kebersihan dari rumah. Kerjabakti diadakan di sekitar sekolah dan area lumbung RT. Anak-anak, wali murid dan guru melakukan kegiatan kebersihan dengan bersama-sama secara guyub rukun. Alhamdulillah, kegiatan Jum’at Bersih dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sangat antusias. Hal ini membiasakan anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungan, baik di lingkungan sekolah, rumah maupun di lingkungan masyarakat. Jumat bersih membiasakan anak-anak untuk selalu dan senantiasa menjaga kebersihan. (@DEWI ACHIRTANTIK. Kepala Sekolah TK Aisyiyah VI Balepanjang Baturetno)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter