IGTKI BATURETNO SELENGGARAKAN HALAL BIHALAL 1443 H

Halal bi halal merupakan tradisi mayoritas masyarakat Indonesia khususnya Pulau Jawa pasca bulan suci Ramadhan. Halal bi halal diisi dengan kegiatan ikrar maaf memaafkan setelah selama sebulan penuh menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Halal bi halal dilakukan tidak hanya dengan keluarga dekat saja, namun juga dengan teman, keluarga lain bahkan juga dilakukan dengan keluarga selain pemeluk agama Islam.

IGTKI Kecamatan Baturetno pada Senin (09/05/2022) menyelenggarakan halal bi halal di RM. Raos Eco Janglot. “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon maaf lahir dan batin. Saat ini kita sudah kosong-kosong, sama-sama ya” kata Warno selaku Korwil Kecamatan Baturetno saat menanggapi Ikrar IGTKI yang diwakili oleh Suparman (TK Islam Al Falah) dengan didampingi Endah, Bernadetta Irine dan Tri Widiningsih kemudian dilanjutkan dengan berjabat tangan sebagai tanda saling memaafkan.

Acara halal bi halal ini juga ada tausiyah (hikmah halal bi halal) yang diisi oleh Ustadzah Siti Muslimah dari TK Mutiara Hati Saradan. Tausiyah diawali dengan melantunkan lagu Mijil. Banyak pesan yang disampaikan dalam acara ini. “Kita yang saat ini sudah kembali fitri harus pandai-pandai dalam menempatkan diri, mari tingkatkan akhlak kita sesuai dengan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)” kata Siti Muslimah.

Rasa bahagia dan gembira mewarnai acara ini. Acara ini diakhiri dengan lagu Mijil yang dilantunkan oleh Dayu dari TK Aisyiyah II dan doa bersama dipimpin oleh Ustadzah Siti Muslimah.

“Keluarga besar IGTKI Kecamatan Baturetno mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin, semoga hari-hari yang akan datang kita menjadi lebih baik dalam segala hal, terutama dalam pembelajaran” kata Sri Lestari selaku ketua IGTKI Kecamatan Baturetno dalam penutup acara  halal bi halal ini. (@suwarni)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter