TK WIYATA WACANA BATURETNO SUKSESKAN GERAKAN PEDULI SAMPAH NASIONAL

Sampah merupakan sisa dari suatu barang yang  ada disekitar kita. Baik di di jalan, dilingkungan rumah, lingkungan sekolah. Dimana ada kehidupan disitu juga akan ada sampah. Sampah jika lama kelamaan tidak diatasi akan menjadi berbahaya bagi kehidupan manusia. Sampah ada berbagai jenis, ada sampah organik yang bisa cepat terurai yang disebut juga sebagai sampah ramah lingkungan, ada sampah anorganik yang sulit untuk terurai, dan ada sampah berbahaya.

Dalam rangka Peduli Sampah Nasional Kabupaten Wonogiri, siswa dan guru TK Wiyata Wacana Baturetno pada hari Jumat, 11 Februari 2022 mengadakan pungut dan pilih sampah di lingkungan sekolah. “Sebenarnya hal semacam ini sudah sering kami lakukan” kata Sri Lestari, S.Pd selaku kepala sekolah TK Wiyata Wacana Baturetno saat memimpin siswa dan guru memungut dan memilah sampah tersebut. “Dengan memungut dan memilih sampah ini kita mengajarkan banyak hal, misalnya tentang pentingnya membersihkan lingkungan, pentingnya kerjasama” kata Tri Widiningsih, S.Pd selaku guru kelompok A.

Antusias anak saat bersama teman dan guru membersihkan sampah merupakan hal sangat menyenangkan. Anak yang di rumah biasanya tidak mau membuang sampah pada tempatnya, saat diajak membersihkan sampah di lingkungan semua semangat. Tidak ada yang merasa jijik. Bahkan saat diajak selesai masih sibuk mencari sampah. “Jika di rumah diajak membersihkan sampah sebentar saja sudah teriak capek”kata salah satu orang tua siswa. Karena merasa asyik dan senang Azka salah satu anak kelompok B berkata “Besok mungut sampah lagi ya, Bu?”.

“Terimakasih anak-anak atas semangatmu, semoga bumi kita bisa bersih dari sampah,karena lingkungan kita sudah bersih, sekarang kita cuci tangan dan kaki pakai sabun, lingkungan bersih kita juga bersih” kata Suwarni, S.Pd AUD selaku guru kelompok B TK Wiyata Wacana Baturetno. Seperti dalam istilah bersih pangkal sehat, kebersihan pangkal kesehatan. Mari kita selalu membersihkan lingkungan kita.(@Suwarni, S.Pd AUD)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter