SIMPUL GAMED, Menjawab Pembelajaran Abad 21

Abad 21 berpusat pada perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan pengetahuan sebagai tombak utama. Namun, pengetahuan saja tidak cukup karena perlu adanya keseimbangan antara pengetahuan dengan keterampilan sebagai dasar dari sumber daya manusia yang berkualitas pada perkembangan zaman.

Dalam sektor pendidikan, pembelajaran abad 21 berorientasikan pada kegiatan untuk melatih keterampilan peserta didik dengan mengarah pada proses pembelajaran. Pembelajaran abad 21 berfokus pada siswa dengan tujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi, inovasi dan kreatif, dan literasi informasi.

Untuk menunjang pembelajaran abad 21, Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno meluncurkan inovasi game edukasi yang bernama “SIMPUL GAMED” (Inovasi Lima Puluh Game Edukasi).

Peluncuran ini dilaksanakan pada Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 KORPRI yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Baturetno, Senin (29/11/2021).

Acara yang mengusung tema “Goresan Emas Guru Baturetno” ini disiarkan secara live streaming melalui Channel Youtube Bidik Baturetno mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.15 WIB. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Korwil Kecamatan Baturetno. Marilah kita sesarengan mbangun Wonogiri. Melalui pendidikan kita laksanakan program-program Pemerintah Kabupaten Wonogiri,” kata Yuli dalam sambutannya.

SIMPUL GAMED yang telah resmi dilaunching ini berisi 50 game edukasi yang terdiri dari berbagai materi Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Katholik, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, dan Bahasa Jawa.

Game edukasi ini dibuat Tim Pengembang Konten Kecamatan Baturetno bekerja sama dengan guru-guru di Kecamatan Baturetno. Tim pembuatan SIMPUL GAMED terdiri dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno, Warno sebagai pelindung. Ketua K3S Kecamatan Baturetno, Sigit Hartanto sebagai penanggungjawab dan Yohan Mahendra sebagai ketua umum. Selain itu, ada pula Tim Aplikasi dan Tim Pelaporan. Untuk Tim Aplikasi, Riska Septian bertindak sebagai ketua pelaksana dibantu Lis Astuti sebagai penanggungjawab Guru Kelas, Septian Khabib Anshori sebagai penanggungjawab mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Jarot Tri Hermawan sebagai penanggung jawab mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Bobby Agita Kurniawan sebagai penanggung jawab tim aset. Sedangkan pada Tim Pelaporan, Purwadi bertindak sebagai penanggungjawab.

Sebagai inovasi dari Kecamatan Baturetno, SIMPUL GAMED ini telah didaftarkan pada kegiatan Wonogiri Inovation Award 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Game edukasi dalam SIMPUL GAMED ini telah dimanfaatkan oleh para siswa SD di Kecamatan Baturetno. Dengan adanya SIMPUL GAMED ini diharapkan dapat menjawab pembelajaran abad 21 dengan lebih mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Dengan adanya game edukasi yang beragam, maka siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih menyenangkan. (@lisastuti)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter