GTT/PTT Baturetno dan Giriwoyo Sukses Ikuti Pembinaan Dinas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada hari Selasa, 3 November 2020 menyelenggarakan kegiatan pembinaan bagi Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo. Sebanyak kurang lebih 309 Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) jenjang TK, SD, SMP di lingkungan Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno dan Giriwoyo mengikuti kegiatan tersebut dengan tertib dan antusias. Hal ini menjadi momen yang sangat istimewa, karena Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno sebagai tuan rumah pelaksana. Kegiatan ini untuk yang kesekian kalinya diselenggarakan secara semi daring dengan menggunakan Microsoft Teams dan ditayangkan secara Live Streaming melalui chanel youtube bidikbaturetno.

Keberadaan GTT dan PTT di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri saat ini menjadi penting dan menjadi perhatian khusus dalam bidang pendidikan. Berkat pengabdian yang tulus, dedikasi yang tinggi dan karya/inovasi pembelajaran merekalah dunia pendidikan dapat terus maju dan berkembang, karena banyak sekolah jenjang TK, SD dan SMP di Kabupaten Wonogiri yang masih sangat kekurangan guru. Meskipun untuk mata pelajaran tertentu di tingkat SMP ada kelebihan guru. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melalui kegiatan pembinaan ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada GTT dan PTT di kecamatan Baturetno dan Giriwoyo.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Achmad Djayadi Baturetno. Hadir sejak pukul 07.30 segenap jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Korwil dan Pengawas TK/SD Kecamatan Baturetno, Giriwoyo, Tirtomoyo, Batuwarno, Karangtengah, Nguntoronadi, Giritontro serta rekan GTT/PTT dari Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo. Di tengah pandemi Covid-19, belum memungkinkan untuk mengumpulkan banyak orang dalam satu lokasi, maka pembinaan dilaksanakan secara semi daring juga disiarkan secara Live Stream melalui chanel youtube bidikbaturetno. Pelaksanaan, kegiatan ini dibagi menjadi 6 titik lokasi dengan pusat di gedung Achmad Djayadi sebagai sentral kegiatan dan lima titik lokasi lainnya adalah di aula Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno, SDN 2 Baturetno 2 titik, SDN 1 Baturetno, dan SDN 4 Baturetno.

Pukul 08.00 agenda dimulai, diawali dengan pra acara menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 stanza, pembukaan oleh pembawa acara (Ibu Siti Mu’alifah, S.Pd.SD Guru SDN 1 Saradan Baturetno) dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Sigit Hartanto, S.Pd.SD Kepala SDN 2 Temon Baturetno. Memasuki acara inti, laporan penyelenggara oleh Bapak Stefany Agung Sedayu, S.Sos. selaku Kepala Seksi PTK SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. “Saya berharap dengan kegiatan pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri ini dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi para GTT/PTT, khususnya di Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo”, kata Bapak Stefany.

Pemateri pertama dari Ibu Retno Puspita Rini, SH, M.Hum selaku Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Pada sesi pertama ini berlangsung tertib dan khidmat, tampak juga di enam titik webinar rekan PTT/GTT khusyu’ dan larut menyimak materi yang disampaikan. Beliau mengajak GTT untuk bersemangat dan aktif mengikuti perkembangan inovasi pembelajaran, meningkatkan kompetensi dengan mengikuti Pelatihan Mandiri atau Kegiatan Kolektif Guru dan mengikuti Pendidikan Profesi Guru secara Mandiri.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua dari Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja GTT dan PTT yang telah berjuang di Wonogiri. Ditekankan juga tentang pentingnya teknologi IT baik untuk tenaga guru dan tenaga kependidikan, orang tua dan peserta didik yang mau tidak mau harus dikuasai untuk menunjang proses pembelajaran di masa pandemi ini. Di akhir pembinaan, beliau mengajak semua peserta yang hadir mengenang jasa Guru dengan menyanyikan bersama lagu Hymne Guru dan Jasamu Guru yang dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan Face shield dan seragam gratis bagi siswa SD, dan SMP kepada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Se Distrik Baturetno.

Pada akhir acara, peserta diberikan kesempatan dengan diskusi atau sarasehan yang dipandu langsung oleh Bapak Banu Darussalam, S.Pd selaku Kepala Seksi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Peserta tampak antusias menyampaikan uneg-uneg, kesan pesan, dan kesulitan-kesulitan baik dari perwakilan GTT maupun dari PTT. Semua direspon dengan baik oleh Bu Kabid dan Bu Kadin. Mereka terlihat puas setelah mendapatkan pencerahan dan termotivasi untuk lebih giat berkarya.

Di akhir acara, tepat pukul 11.30 WIB acara resmi ditutup. Peserta meninggalkan gedung pertemuan Achmad Djayadi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semua pihak yang hadir memberikan apresiasi dan respon positif dengan terselenggarakannya kegiatan ini. Hal ini tidak lepas dari kerja keras rekan-rekan GTT dan PTT Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo bekerjasama Tim Kreatif Kecamatan Baturetno.
Acara selengkapnya terangkum dalam streaming youtube chanel bidik baturetno.  (@Mamauri)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter