Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut ke Belakang

Salah satu tuntutan era globalisasi dalam dunia pendidikan adalah adanya sebuah pengelolaan sekolah yang terintegrasi dengan sebuah sistem informasi dan teknologi berbasis komputer. Oleh karena itu, sudah semestinya perkembangan teknologi informasi dan komputer yang kebanyakan orang mengkaitkan dengan teknologi internet (interconnected-networking) itu direspon sekolah dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan kepada siswa.

Website merupakan salah satu media penyampaian informasi dan publikasi yang mudah diakses dari mana saja, kapan saja tanpa terbatas oleh wilayah geografis yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah. Guna meningkatkan mutu Tim Kreatif Konten Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran, Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno mengadakan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website. Pelatihan yang bertajuk “Website Development Course” ini dilakukan secara bertahap dalam beberapa pertemuan. Peserta dalam pelatihan ini adalah seluruh Tim Kreatif Konten Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno yang terdiri dari unsur Kepala Sekolah, Guru SD maupun guru TK di Kecamatan Baturetno Wonogiri.

“Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang”. Begitulah slogan yang dimiliki Tim Kreatif Konten Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Kecamatan Baturetno dalam acara “Website Development Course” kemarin. Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Warno, S.Pd., M.Pd. selaku Korwil kec. Bidik Baturetno. Hadir pula dalam acara tersebut pengawas TK/SD dan Bapak Eko Hargito, S.Pd.,M.Pd. selaku ketua K3S Kecamatan Baturetno. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Bapak Saifulloh Abdi Negara. Beliau merupakan pakar website dari Ponorogo Jawa Timur.

Pelatihan membuat dan mengelola website ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Baturetno. Pembukaan sekaligus pertemuan perdana dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Agustus 2020 pukul 08.00 – 11.00 WIB dengan materi pengenalan website dan istilah-istilah yang berkaitan dengan website. Pelatihan dimulai dengan pengenalan website oleh pak Saiful, kemudian dijelaskan perbedaan website dan blog. Setelah itu dijelaskan tentang istilah-istilah dalam website dan artinya. Misalnya hosting, domain, subdomain, PSO, CPanel, dll.

Pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Rabu, 02 September 2020 pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan materi cara membuat website. Membuat website disini bukan website yang gratis melainkan website yang berbayar. Disini, pemateri mengajarkan cara membuat website dengan membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Sebelumnya, beliau menerangkan macam-macam hosting dan domain serta kegunaannya.

Pemateri dengan sabar dan telaten mencontohkan bagaimana membeli hosting dan domain melalui situs jetorbit.com. Dimulai dengan membuat nama alamat website yang akan dibuat dan disesuaikan dengan domain yang dipilih, misalnya untuk membuat website sekolah maka kita memilih domain sch.id. kemudian dijelaskan masing-masing hosting dan domain memiliki rentang harga yang berbeda-beda.
Pelatihan kedua ini dilanjutkan dengan membuat subdomain yang menginduk pada website yang telah dibuat oleh pemateri untuk pelatihan ini. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, karena banyak sesi tanya jawab sehingga peserta lebih paham tentang seluk beluk website. Masing-masing peserta juga mencoba membuat subdomainnya dengan nama sekolahnya. Pelatihan ini direncanakan akan digelar dalam tiga kali pertemuan.

Selanjutnya pada pertemuan ketiga pekan depan akan dibahas tentang materi bagaimana mengelola dan mengembangkan website. Website yang akan dikelola peserta pelatihan adalah subdomain yang telah dibuat. Mengelola disini adalah membuat/mengganti template, membuat menu, dan cara mengisi kontennya. Di penghujung acara, diselingi dengan sekilas presentasi dan diseminasi cara pengaktifan akun Office 365 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri oleh bapak Sunanto, S.Pd. kepada guru-guru TK dan PAUD kecamatan Baturetno. Dengan adanya pelatihan ini, Tim Kreatif Konten Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno diharapkan lebih mampu dan selalu berkarya dalam pendidikan sehingga website bidikbaturetno.id lebih dikenal dan membumi di kalangan dunia pendididkan dan masyarakat Indonesia. (@yohan)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter