Korwil Baturetno Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint dan Bandicam


Lebih kurang enam bulan telah terlewati

wabah covid-19 belum teratasi

Semua sektor terserang

segalanya berantakan

Dan kini…

Indonesia masih berjuang

melawan serangan wabah yang tak kunjung hilang

Sampai kapan seperti ini?

Mari bersama berjuang dan mendoakan untuk kebaikan negeri.

Salah satu sektor yang menjadi sorotan saat masa pandemi ini adalah bidang Pendidikan. Bagaimana tetap berjalannya situasi pembelajaran dengan baik meski kondisi yang tidak baik. Bagaimana siswa tetap menerima pendidikan yang layak meski pembelajaran jarak jauh tak terelak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penyesuaian pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Atas kesepakatan SKB Empat Menteri, Bapak Nadiem Anwar Makarim menjelaskan “Prioritas utama pemerintah adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan Pendidikan selama pandemi Covid-19”.

Oleh karenanya, demi terciptanya suasana yang baik dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di kecamatan Baturetno disepakati pelatihan pembuatan video pembelajaran. Pelatihan ini dimotori oleh divisi Aplikasi dari Tim Kreatif Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Kecamatan Baturetno atas arahan Bapak Warno, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno dan dukungan dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) kecamatan Baturetno.

Kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran dilaksanakan pada hari Kamis, 01 Oktober 2020 yang bertepatan dengan hari peringatan Kesaktian Pancasila. Mengadopsi jargon “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila” maka tercipta semangat “Guru Berkreasi Siswa Terfasilitasi” dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dilanjutkan sambutan dari Bapak Warno, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno dan sambutan kedua oleh Bapak Riska Septian, S.Pd. selaku perwakilan dari penggerak Tim Kreatif Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Kecamatan Baturetno. Materi pelatihan pembuatan video pembelajaran disampaikan oleh Bapak Bangun Wahyu Saputro, A.Md. bersama Bapak Khoirul Umam, S.Pd. dan Bapak Kristian Wibowo, S.Pd. dari divisi Aplikasi Tim Kreatif Pengembang Pendidikan dan Pembelajaran Kecamatan Baturetno.

Adapun tujuan dari pelatihan pembuatan video pembelajaran ini adalah:

  1. Meningkatkan kompetensi pendidik dalam pembuatan bahan ajar berbasis IPTEK di era digital;
  2. Meningkatkan kreativitas pendidik dalam pembuatan media belajar interaktif, asik, dan menarik;
  3. Meningkatkan efektivitas pembelajaran daring melalui video pembelajaran;
  4. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring; dan
  5. Menciptakan suasana pembelajaran gembira, menyenangkan, dan berbobot (Gembrot).

Ketentuan pembuatan video pembelajaran:

  1. Video pembelajaran dibuat sesuai dengan pembagian tugas yang dibagikan pada grup whatsapp;
  2. Durasi video berkisar 10 sampai dengan 15 menit;
  3. Di awal video dicantumkan like and subscribe channel youtube bidik baturetno;
  4. Pembuatan video dibebaskan menurut kreativitas masing-masing (PPT, Filmora, Kinemaster, Bandicam, Camtasia, dll);
  5. Di akhir video diberikan refleksi hasil pembelajaran dan motivasi;
  6. Semua video yang terbuat akan diunggah pada channel youtube bidik baturetno.

Kegiatan pelatihan diakhiri pukul 12.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan pembuatan video sesuai tugas yang telah dibagi. Pengumpulan hasil video melalui link drive yang selanjutnya akan diunggah pada channel youtube bidik baturetno dapat dibagikan kepada peserta didik sebagai bahan ajar tambahan.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter