IGTKI BATURETNO KUPAS TUNTAS PEMBUATAN APE GURU PAUD

Stimulasi pada anak usia dini adalah sebuah kegiatan yang dibutuhkan dalam merangsang kemampuan dasar yang dimiliki anak agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Namun demikian, tidak semua orang tua/pengasuh terutama yang masuk dalam kategori keluarga pra-sejahtera memiliki pemahaman yang baik mengenai pentingnya stimulasi. Salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan adalah melalui kegiatan bermain dengan menggunakan APE (Alat Permainan Edukatif).

Atas dasar pemikiran tersebut, IGTKI Baturetno menggelar kegiatan KKG dengan tajuk Kupas Tuntas Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Guru PAUD. Acara ini digelar di aula Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno (16/10/2020) dengan dihadiri Pengawas TK, Ketua dan Pengurus IGTKI serta guru-guru hebat TK dan PAUD se-Baturetno. Pertemuan yang dilaksanakan secara tatap muka tersebut tentunya tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19. Tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan pengukuran suhu badan menjadi hal yang wajib dilakukan dalam pertemuan tersebut. Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah untuk melakukan berbagai kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini diawali dengan ucapan selamat datang dari ibu Uri Imakulata, S.Pd.AUD selaku pembawa acara dan dibuka secara resmi oleh ibu Sri Lestari, S.Pd selaku Ketua IGTKI Kecamatan Baturetno, Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari ibu Sumini, S.Pd selaku Pengawas TK Kecamatan Baturetno.

“Saya bersyukur dan mengapresiasi positif, ternyata terdapat intan terpendam di kalangan guru-guru TK/PAUD Baturetno. Terbukti pada kesempatan ini ada salah satu guru yang sudah sukses dalam pembuatan APE bagi Guru PAUD yang sangat diperlukan oleh PAUD-PAUD yang ada di Baturetno. APE ini dibutuhkan agar ke depannya anak-anak kita lebih cerdas karena mereka adalah anak-anak harapan bangsa,” kata ibu Sumini, S.Pd. dalam sambutannya.

Pertemuan yang dimulai pukul 08.30 tersebut membahas  materi yang  diangkat oleh Ibu Siti Maimunah S.Pd.AUD selaku narasumber yaitu tentang “Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Guru PAUD”. Siti Maimunah, S.Pd.AUD. merupakan guru di TK Aisyiyah I Kecamatan Baturetno yang sarat akan prestasi karena beliau sering mengikuti berbagai perlombaan yang berhubungan dengan pembutan APE. Dari beberapa kegiatan lomba yang beliau ikuti, banyak prestasi yang diraih antara lain Juara 1 tingkat Kabupaten, Juara 2 tingkat Solo Raya, Juara 1 lomba Guru TK/PAUD se-Solo Raya PG PAUD UNS. Pada penyampaian materi Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Guru PAUD, narasumber yang ramah dan akrab dipanggil Bu Maimunah ini menyampaikan tentang pengertian dari APE, ciri ciri APE, manfaat APE, macam-macam APE, contoh APE pengembangan dan APE Inovasi, perbedaan APE Pengembangan dan APE inovasi.

APE (Alat Permainan Edukatif) merupakan semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan modern yang diberi muatan Pendidikan dan pengajaran. Selanjutnya, narasumber membahas tentang ciri-ciri APE yaitu berfungsi mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk dan multiguna serta aman bagi anak. APE juga mendorong kreatifitas dan aktifitas bermain serta belajar, bersifat konstruktif, mudah, aman, murah, asyik (MAMA).

APE memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai pengembangan aspek fisik  yakni kegiatan yang merangsang pertumbuhn fisik anak, pengembangan aspek bahasa yakni dengan melatih berbicara dan menggunakan kalimat yang benar, pengembangan aspek kognitif yakni dengan pengenalan suara,ukuran,bentuk,warna dan tekstur, dan sebagai pengembangan aspek sosial dan emosional khususnya dalam hubungan dengan interaksi antara ibu, ayah, keluarga dan masyarakat.

Maimunah juga menyebutkan beberapa manfaat APE menurut Suryadi (2007) yakni dapat melatih kemampuan motorik anak, melatih konsentrasi, mengembangkan konsep sebab akibat, melatih dan menambah wawasan anak serta dapat mengenalkan warna dan bentuk.

Lebih lanjut narasumber juga menyampaikan macam-macam APE yakni terdapat APE Pabrik yang dibuat oleh pabrik dengan produksi massal (dikasih gambar). Ada juga APE dari barang bekas yang dibuat dari barang bekas, APE Pengembangan yang merupakan hasil pengembangan dari APE yang sudah ada (baik dari permainan tradisional maupun permainan modern yang dikembangkan) dan APE Inovasi yakni penemuan APE baru yang bersifat modern dan orisinil.

Terdapat perbedaan antara APE Pengembangan dan APE Inovasi. APE Pengembangan merupakan APE yang sudah ada dan berfungsi sebagai ide awal, dibuat dari APE yang sudah ada dan dimodifikasi sedemikian rupa menjadi bentuk baru, dapat berupa permainan yang sudah ada (permainan tradisional maupun modern). Sedangkan APE Inovasi merupakan ide asli dari pembuat APE dan bersifat original, belum pernah dipublikasikan oleh pihak lain, dan berupa permainan modern dengan perangkat yang dibuat sendiri.

Contoh APE Pengembangan antara lain APE PELANGI. Tujuan Pengembangan APE ini adalah untuk mengembangkan bahasa lisan anak, spesifikasi untuk anak dan dibuat dalam bentuk cetak MMT, permainan berbentuk ular tangga, aturan permainan dimodifikasi sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Sedangkan contoh APE Inovasi antara lain APE Rumah serbaguna yang juga memiliki spesifikasi, tujuan dan fungsi khusus bagi anak PAUD.

Pengawas TK Kecamatan Baturetno berharap dengan adanya kegiatan ini semua guru TK/PAUD menjadi tergugah dan berinovasi dalam pembuatan APE bagi anak didiknya. Sehingga dengan berinovasi dalam pembuatan APE tersebut dapat menarik minat belajar anak dan melahirkan generasi emas yang super hebat pula. (@galuh wh)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter