SEJUMLAH 25 KS TK KECAMATAN BATURETNO MENGIKUTI SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP)

Program  Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.  Program sekolah penggerak berfokus pada hasil belajar anak yang holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM (Kepala sekolah dan guru) yang unggul. Ekosistem sekolah yang baik bukan untuk menumbuhkan kompetensi tetapi kolaborasi. Kolaborasi warga sekolah sangat diperlukan dalam meningkatkan sekolah.

Pada hari Jumat tanggal 25 Februari 2022 sebanyak 26 Kepala sekolah mendapatkan sosiolisasi Program Sekolah Penggerak di kantor Korwil Bidik Baturetno. Pertemuan ini bersamaan dengan pertemuan KKKTK Kecamatan Baturetno yang diadakan rutin setiap bulan. “KKG, KKKTK, PKG, IGTKI dan sebagainya, monggo dilaksanakan karena banyak informasi yang lewat HP dan perlu tindak lanjut, agar tidak salah pengertian gunakan pertemuan untuk membahas info tersebut” kata Bapak Warno, S.Pd. M.Pd selaku Korwil Bidik Baturetno.

Semua sekolah TK diharapkan ikut mendaftar Program Sekolah Penggerak ini. Harapan LPMP Jawa Tengah semua sekolah untuk mendaftar, karena nantinya akan diseleksi oleh pusat, seperti yang disampaikan oleh Bapak Korwil ini ” ini kesempatan emas, daftarkan saja”.

Adapun cara mendaftar Program Sekolah Penggerak adalah sebagai berikut:

  1. Akses ke halaman portal sekolah penggerak https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu Program Sekolah Penggerak
  3. Atau langsung klik menu pendaftaran dan pilih Program Sekolah Penggerak
  4. Pilih peserta- Kepala Sekolah
  5. Tombol pilih peran kemudian akan aktif. Silahkan klik tombol pilih peran dan klil selanjutnya
  6. Selahkan masukkan nomor akun SIMPKB dan kata sandinya. Dan klik tombol masuk
  7. Selanjutnya akan muncul tombol untuk melakukan pendaftaran. Silahkan klik tombol tersebut
  8. Akan muncul notifikasi fakta integritas, klik centang kemudian klik daftar
  9. Selanjutnya tampil kesesuaian data yang ada di simpkb dengan dapodik. Silahkan dicek. Jika sudah sesuai klik ya, jika belum sesuai klik tidak dan melakukan penyesuaian dengan meminta admin Dinas Pendidikan untuk update data dapodik.
  10. Jika no.9 tidak makan akan tampil informasi yang berkaitan dengan proses pengubahan data, klik ya.
  11. Jika no. 9 klik ya untuk input nomor WA, alamat email aktif dan valid. Klik simpan
  12. Akan muncul proses pendaftaran berhasil. Klik ok.
  13. Lanjutkan mengerjakan CV dab ESEY

Semua Kepal sekolah yang hadir saat ini, semua mencoba mendaftar, namun ada yang gagal karena masih PLT.

Karena batas waktu pendaftaran yang ditentukan oleh pusat sampai dengan hari Senin tanggal 28 Februari 2022 pukul 23.59 WIB, sedang isian yang harus diisikan juga banyak, maka untuk kepala sekolah yang sudah berpengalaman mendaftar akan memberikan bimbingan dan arahan kapan saja, agar semua bisa ikut mendaftar dengan lancar. Karena juga memakai syarat surat yang harus ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten maka, surat ini harus didahulukan. “Mari kita mengembangkan aset sekolah yang sudah ada untuk mewujudkan anak yang sesuai dengan Pelajar Pancasila” kata Ibu Dian Eka Wati, S.Pd AUD. M.Pd selaku PLT di TK negeri Pembina Kecamatan Baturetno.

Selamat mendaftar teman-teman, marilah kita ciptakan peserta didik Tk yang berdaulat, mandiri dan berkharakter Pelajar Pancasila. Kita tingkatkan kolaborasi bersama. Unggul sekolah kita unggul anak didik kita. Salam  (@suwarni)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter