SD Negeri 4 Baturetno : Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini Ajak Peserta Didik Nyayikan Lagu Indonesia Raya Tiap Pagi

Baturetno : Pembelajaran Tatap Muka Terbatas atau yang biasa disebut dengan PTMT untuk Kabupaten Wonogiri sudah berlangsung tiga minggu, akan tetapi untuk SD Negeri 4 Baturetno yang masuk PTMT tahab 2 baru melaksanakan satu minggu.

Atas arahan Kepala Sekolah Riska Septian, selain penerapan 5 M karena masih dalam masa pandemi Covid-19, sebelum pembelajaran dimulai, selalu diawali dengan berdoa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh salah satu siswa. Tujuan diadakannya pembiasaan diri seperti ini adalah untuk pendidikan karakter siswa.

Pendidikan karakter yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menanamkan rasa nasionalisme pada anak. Rasa nasionalisme yang terbangun sejak dini akan lebih menandas di hati peserta didik.

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam mengembangkan ranah afektif, khususnya bagi anak usia Sekolah Dasar. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada anak usia Sekolah Dasar yang berfungsi  untuk membentuk pribadi siswa agar memiliki nilai-nilai luhur bangsa dan dapat menjadi warga negara yang baik. Pendidikan karakter memiliki misi penting dalam menciptakan siswa yang tidak hanya pandai secara kognitif, namun juga berbudi pekerti yang luhur.

 

Penulis : Ardi Ani Hastuti ( SD Negeri 4 Baturetno)

Editor : Gito

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter