PIP CAIR MEMPERLANCAR BELAJAR

Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah siswa dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan siswa, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Terkait dengan tujuan program PIP tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri telah mengeluarkan surat resmi tentang pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahap 3. SD Negeri 2 Baturetno segera menindaklanjuti dengan cepat. Setelah  daftar nama siswa diterima, sekolah segera mengambil langkah untuk melakukan sosialisasi kepada wali siswa. Surat undangan dibuat dan disampaikan kepada wali siswa melalui aplikasi Whats App (WA).

Kegiatan sosialisasi PIP tahap 3 tersebut dilaksanakan Rabu, 30 September 2020 di aula gedung SD Negeri 2 Baturetno. Kegiatan ini dihadiri oleh orang tua/wali yang namanya tercantum dalam daftar siswa yang mendapat PIP yaitu sebanyak 13 siswa. Semua orangtua/wali siswa datang tepat waktu dengan membawa beberapa dokumen yang telah disampaikan dalam surat undangan.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini tetap mengutamakan protokol kesehatan covid-19. Setiap orangtua/wali siswa wajib memakai masker, mencuci tangan  dan cek suhu badan sebelum memasuki ruangan. Saat berada di dalam ruangan, jaga jarak juga tetap diperhatikan, sehingga dipastikan semua aman.

Verifikasi dan validasi data siswa yang mendapatkan PIP tahap 3 dilakukan oleh 2 orang verifikator dari SD Negeri 2 Baturetno yaitu kepala sekolah dan tenaga administrasi. “Verifikasi ini berupa pencocokan data siswa dengan dokumen yang telah ada. Dalam proses pencairan pun siswa wajib ikut ke bank terkait”,tutur Eko Hargito selaku Kepala Sekolah SD Negeri 2 Baturetno.

Kegiatan berjalan cukup lancar karena data dan dokumen yang dimiliki sudah sesuai. Saat sesi tanya jawab ada orang tua yang menyampaikan kesan dan pendapatnya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan pemerintah dengan adanya bantuan ini, karena sangat berguna sekali bagi kami apalagi saat ini anak-anak butuh biaya yang lebih banyak untuk kegiatan belajar di rumah, sungguh sangat membantu”, kata salah satu orang tua siswa. Semoga dengan adanya pencairan PIP tahap 3 ini beban orang tua siswa dapat berkurang sehingga kegiatan belajar anak secara daring yang sekarang sedang kita alami dapat berjalan dengan lancar.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter