PERTEMUAN KKG GUGUS MATAHARI 256 KECAMATAN BATURETNO

Petemuan KKG gugus matahari 2, gugus matahari 5 dan gugus matahari 6 pada hari rabu tanggal 2 februari 2022 bertempat di TK Aisyiyah III yyang merupakan anggota gugus matahari 5. Sejak adanya pandemi covid 19, hal ini merupakan pertemuan KKG  yang pertama kali yang sempat berhenti atau vakum selama dua tahun terakhir ini. Bersamaan dengan ini masa purna tugas ibu Resmiati,S.Pd anggota dari gugus matahari 5 telah selesai masa tugasnya, dengan pemberian tali asih dari anggota KKG gugus matahari 256.

KKG gugus matahari 256 merupakan organisasi gugus yang beranggotakan 41 guru yang tediri dari 15 guru dari gugus matahari 2 (TK Aisyiyah V, TK PKK Balepanjang, KB Insan Kamil, KB Murni Sari, KB Mawar 2, KB Mutiara Bunda), 12 guru dari gugus matahari 5 (TK Aisyiyah III, TK Bina Putra, TK Aisyiyah XI, KB Kenanga, KB Qurota Ayun, KB Setia Bangsa 2) dan 14 guru dari gugus matahari 6 ( TK Aisyiyah II, TK Aisyiyah XII, TK Ngudi Putro, TK Mutuara Hati, KB Bunga Insani, KB Budi Mulia, KB Asyifa). Dalam pertemuan kali ini, membahas  rencana  dalam menyusun program kerja selama tahun 2022 KKG gugus matahari 256. Program kerja tahun ini diharapkan lebih banyak dalam pembuatan APE, gerak dan lagu, syair, dan tepuk, karena  kegiatan pembelajaran untuk anak PAUD baik TK maupun kelompok bermain itu kegiatan yang menyenangkan dan mudah di pahami oleh anak-anak,”kata: ibu Dwi Purwanti,S.Pd selaku ketua Gugus Matahari 6.”

Adapun program kerja dari KKG Matahari 256, yaitu:

  1. Silabus (kurikulum,proota,promes, RPPM,PPH)
  2. Bahan Ajar dan APE
  3. Pengembangan model pembelajaran dan Instrumen Penilaian
  4. Penyusunan PTK dan Karya ilmiah
  5. Teknik penyusunan laporan.

Akan tetapi KKG gugus Matahari 256 lebih menekankan pada point 2 yaitu bahan ajar dan APE karena dalam pembelajaran di PAUD APE (alat peraga) sangat dianjurkan, baik anak TK maupun Kelompok bermain dalam kegiatan pembelajaran anak-anak mengenal langsung lewat alat peraga. Setiap pertemuan masing-masing gugus dari matahari 2, matahari 5 dan matahari 6. Memberikan isian tentang bahan ajar dan APE baik dari limbah atau bahan alam. Walaupun program kerja dari matahari 256 sama tetapi secara adminitrasi berbeda, adminitrasi dikerjakan masing-masing gugus.

Hasil APE dan lagu dari isian pertemuan matahari 256:

Tema Kendaraan

Judul lagu : Alat pransportasi

“ Mobil di darat pesawat di udara

Kapal di laut roket luar angkasa

Semua itu buatan manusia

Amanah Allah yang harus kita jaga

Kapal di laut berhenti di dermaga

Pesawat terbang berhenti di bandara

Kereta api berhenti di stasiun

Mobil dan angkot berhenti di terminal.

Hasil APE : Balon Udara dan  Mobil

 

Harapan kami dengan adanya pertemuan KKG gugus matahari 256 ini, bisa memberikan manfaat bagi guru-guru TK maupun Kelompok bermain, dimana bisa saling berbagi ilmu dan memecahkan masalah yang dihadapi dimasing-masing Lembaga. Kami berharap guru-guru PAUD di kecamatan Baturetno semakin kreatif dan maju dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Indonesia. Semoga Kerjasama dan kompak selalu terjalin dalam KKG gugus Matahari 256.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter