Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) SD Negeri 3 Baturetno di Masa Pandemi

Baturetno, 2 Desember 2021 SD Negeri 3 Baturetno menjadi sasaran Program BIAS Puskesmas Baturetno 1. Sasaran program BIAS ini  adalah siswa kelas 1 dari SD Negeri, SD Swasta, MIN, MIM, dan SLB se Kecamatan Baturetno yang berjumlah 31 sekolah.

Pelaksanaan BIAS di SD Negeri 3 Baturetno  sebanyak 8 siswa terdiri dari 7 siswa laki- laki dan 1 siswa perempuan. Mengingat pelaksanaan BIAS pada masa pandemi, penerapan protokol kesehatan masih secara ketat.  Anak datang diukur suhu badan, cuci tangan pakai sabun, memakai masker, serta pengaturan jarak tempat duduk di kelas.

Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS ) dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak- anak usia Sekolah Dasar terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.  Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit.

Pengarahan dari petugas Puskesmas adalah pemberian imunisasi MR ( Measles and Rubella ) untuk mencegah campak dan pemeriksaan THT ( Telinga Hidung Tenggorokan ). Bagi siswa yang mengalami panas/ demam, batuk, pilek imunisasi ditunda sampai anak tersebut sehat kembali. Imunisasi dilayani di Puskesmas.

Pelaksanaan imunisasi berjalan lancar. Petugas dari Puskesmas berharap dengan pemberian imunisasi anak- anak bertambah sehat dan semangat dalam belajar. Anak- anak pun diharap untuk selalu menjaga kesehatannya. (@padmi-SD Negeri 3 Baturetno)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter