OPS Baturetno Gelar Sarasehan Sinkronisasi Dapodik

Data yang di inputkan operator sekolah adalah dasar acuan bagi kebijakan-kebijakan pendidikan. Sehingga operator sekolah harus bekerja ekstra teliti dan hati-hati, karena berkaitan erat dengan pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Kartu Indonesia Pintar (KIP), Data Peserta Ujian Sekolah, Verifikasi dan Validasi Peserta Didik, Inventaris Sekolah, bahkan apabila dibutuhkan juga akan berinteraksi dengan data yang diserahkan kepada Bendahara BOS.

Forum Operator Sekolah (OPS) jenjang Sekolah Dasar di lingkungan Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno menggelar sarasehan terkait aplikasi Dapodik 2020. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa 25 Agustus 2020 tersebut bertempat di salah satu resto di Kecamatan Baturetno. Sebanyak 35 OPS dari jenjang sekolah dasar negeri dan swasta hadir mengikuti sarasehan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  Sarasehan ini merupakan pertemuan perdana awal tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

Dalam mengemban tugasnya selama ini, Operator sekolah memiliki tupoksi yang tak ringan. Tupoksi tersebut antara lain mengelola Aplikasi Dapodik, mengelola Aplikasi PMP, mengelola Aplikasi SPM, pengajuan KIP untuk melaksanakan Program PIP, pelayanan Administrasi Tata Usaha, Verivikasi dan Validasi Peserta Didik, mengelola Aplikasi BIOUN, mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana dan mengelola Aplikasi Sekolah Kita.

Khoirul Umam, S.Pd. selaku ketua forum operator sekolah dasar kecamatan Baturetno memimpin acara dari awal hingga usai dengan tertib dan lancar. Sarasehan ini digelar mengingat banyaknya problematika yang dialami operator sekolah tahun pelajaran 2020/2021 dalam pelaksanaan tugas harus segera dicari solusinya. Beberapa problematika tersebut diantaranya adalah tarik peserta didik dari tingkat taman kanak-kanak yang sulit, rumitnya pengisian sarpras serta yang paling dikeluhkan adalah proses sinkronisasi yang cukup menyita waktu.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh operator sekolah dan panduan tata cara pengisian data serta penginputan data rinci peserta didik termasuk sarana dan prasarana dan bantuan-bantuan yang bisa diajukan melalui akun Dapodik pungkas salah satu pengurus forum operator sekolah dasar Kecamatan Baturetno.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter