Meski Pandemi, BIAS 2020 Tetap Digelar di Baturetno

Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut. Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Program imunisasi BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Pada tahun 2020 ini dari pihak UPTD Puskesmas Baturetno 1 Kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan SD Negeri dan Swasta di Baturetno akan ikut mensukseskan acara BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Tahun 2020 yang diadakan pada pertengahan bulan September 2020. Agenda ini merupakan agenda rutin tahunan yang sudah diadakan sebelum-sebelumnya dan berjalan dengan baik. Dalam prosesnya nanti dari pihak puskesmas akan secara berkeliling menuju sekolah-sekolah di wilayah Baturetno Kabupaten Wonogiri.

Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, BIAS Tahun 2020 tetap digelar di wilayah kerja UPTD Puskesmas Baturetno 1 dan 2 Kabupaten Wonogiri. BIAS perdana dilaksanakan Senin, 14 September 2020 di SDN 1 Baturetno, SDN 1 Talunombo, SDN 2 Talunombo, SDN 2 Glesungrejo dan SDN 3 Balepanjang. Pelaksanaan BIAS di SD Negeri 1 Baturetno dengan jumlah siswa kelas 1 sebanyak 49 siswa dilaksanakan secara tertib dan lancar yang terbagi menjadi empat kelompok kelas dengan tetap mentaati aturan protokol kesehatan. Siswa bersama orangtua/wali sangat senang dan antusias datang ke sekolahnya dengan memakai masker. Sebelum masuk ruang kelas sesuai kelompoknya, siswa terlebih dahulu mencuci tangannya dengan sabun dan dicek suhu badannya dengan menggunakan thermo gun. Selain itu, sebelum mendapatkan imunisasi siswa ditimbang berat badannya, diukur tinggi badannya, dicek indera penglihatan, pendengaran dan kukunya oleh petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Baturetno 1. Siswa terlihat sangat senang dan tidak takut atau menangis ketika mendapatkan imunisasi BIAS Tahun 2020 ini.

BIAS merupakan salah satu bentuk kerjasama yang telah lama terjalin antara pihak SD dengan UPTD Puskesmas Baturetno dalam bidang kesehatan. Dengan sambutan yang hangat dan ramah oleh Ibu Suyatmini, S.Pd. selaku Kepala SDN 1 Baturetno, perwakilan petugas dari UPTD Puskesmas Baturetno 1 menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan BIAS Tahun 2020 ini. Dijelaskan bahwa imunisasi ini bertujuan untuk melindungi anak-anak usia sekolah dari penyakit campak, difteri dan titanus. Kegiatan ini juga merupakan imunisasi lanjutan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sang anak.

“Karena pada saat bayi ia sudah mendapatkan imunisasi dan ini merupakan imunisasi lanjutan, jadi campak yang dulu didapatnya umur 9 bulan, kemudian diusia 7 tahun secara penelitian daya tahan tubuhnya terhadap campak itu akan menurun, untuk itu disuntikan kembali pada kelas 1 SD, sehingga imunnya terhadap campak itu kembali meningkat,” ungkap Basuki, Senin (14/9/2020).

Dengan pemberian vaksin campak melalui program tahunan ini, pemerintah Indonesia khususnya UPTD Puskesmas di Baturetno Kabupaten Wonogiri telah berkomitmen untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan Rubella di tahun 2020 dan berharap Indonesia bebas penyakit campak dan Rubella. Hal ini juga dilakukan dengan harapan agar anak-anak SD di Indonesia dapat tumbuh dengan baik dan sehat sehingga menjadi generasi emas dan unggul.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter