KS TK BATURETNO GELAR RAKOR PERSIAPAN VAKSINASI ANAK USIA 6-11 TAHUN

Penggunaan vaksin bertujuan untuk mengurangi dampak buruk dari infeksi virus yang terjadi. Hal ini dapat terjadi karena sistem tubuh sudah mengenali virus terlebih dahulu sehingga respons tubuh terhadap infeksi virus akan lebih cepat. Perbedaan mendasar pembentukan antibodi dengan vaksinasi dan infeksi virus secara alami yaitu pada pengawasan dan kontrol yang ketat dalam pemberian vaksinasi.

Pemerintah Indonesia sudah memulai pemberian vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Menindaklanjuti program pemerintah terkait pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun untuk jenjang Taman Kanak-kanak, Kepala Sekolah TK Kecamatan Baturetno mengadakan rapat koordinasi (Rakor) bersama UPTD Puskesmas Baturetno, Forkompincam  Baturetno pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 di rumah makan Mbak Lies Watuagung, Baturetno.

Vaksinasi yang akan dilaksanakan besok Selasa, 25 Januari 2022 di TK Islam Al Falah Baturetno pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB ini ada sasaran sebanyak 373 anak, sesuai dengan data yang sebelumnya dikirim.  Vaksinasi ini diberikan dengan tujuan untuk melindungi anak-anak dari paparan Covid-19 dan memberikan perlindungan/keamanan saat melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Disampaikan dalam acara koordinasi tersebut agar semua lembaga TK mengisi khusus identitas screening sesuai Kartu Keluarga (KK), memberi cap sesuai lembaga masing-masing dan  melampirkan fotokopi KK, sedangkan selain identitas diisi oleh petugas vaksin. Bila terdapat anak yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebelum pelaksanaan vaksin supaya lapor ke Kantor Kecamatan.

Vaksin ini diberikan kepada anak yang usianya minimal 6 tahun (jika kurang 1 haripun belum bisa vaksin). Untuk guru dan orangtua diharap mendampingi anak saat pelaksanaan vaksin. Bila ada orang tua yang menolak supaya membuat surat pernyataan bermaterai 10 ribu. Agar pelaksanaan vaksin ini bisa berjalan lancar maka dimohon kerjasama antara orangtua, guru dan petugas vaksin.

Tidak ada makanan khusus yang perlu dihindari atau dikonsumsi anak sebelum atau sesudah vaksin. Yang terpenting adalah makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebelum anak mendapatkan vaksin, orang tua perlu memastikan dua hal berikut ini

  • Anak tidak memiliki keluhan dan tidak ada riwayat  penyakit penyerta.
  • Perut sudah terisi yang artinya anak sudah makan sebelum vaksin. Jangan melakukan vaksin dengan kondisi perut kosong.

Setelah anak mendapatkan vaksin, biasanya terdapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada anak usia 6-11 tahun setelah mendapatkan vaksin Covid. Efek yang timbul setelah anak mendapatkan vaksin Covid yaitu nyeri pada lokasi suntik dan berlangsung kurang lebih 1 hari, setelah itu akan pulih kembali.

“Harapan saya, dengan adanya program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, anak-anak bisa terhindar dari penyakit, virus covid-19 atau omicronnya segera mereda dan untuk kegiatan belajar bisa lebih giat lagi,” kata Sri Lestari, Ketua IGTKI Baturetno.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter