Korwil Baturetno Sukses Gelar Talkshow Hari PMI

Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno Kabupaten Wonogiri sukses menggelar kegiatan Talkshow peringatan hari PMI, Sabtu (19/9/2020). Talkshow dengan tema “Hari PMI Bangkitkan Semangat Kebersamaan Hadapi Covid-19” ini berlangsung melalui moda dalam jaringan (daring) melalui live streaming channel Youtube Bidik Baturetno diikuti lebih dari 568-an penonton, yang terdiri dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Orangtua/Wali dan siswa PAUD/TK/SD/MI Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno serta masyarakat Baturetno.

Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Mevie Suprihesti, SP.,S.Pd., guru SDIT As-Salamah Baturetno dengan dua narasumber yakni yang pertama dr. Sustyadi, M.Kes selaku Ketua PMI Kecamatan Baturetno dan juga sebagai Kepala UPTD Puskesmas 1 Baturetno, dan narasumber yang kedua adalah Bapak Tuntas Adityo Nugroho, SH. selaku Kepala Desa Baturetno, peraih Juara 1 Lomba Kampung Siaga Candi Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2020.

“Kasus Covid-19 pertama terjadi di Jakarta pada bulan Maret 2020. Di Kabupaten Wonogiri sendiri dari bulan Maret-Juni termasuk daerah yang bagus dalam penanganan kasus covid-19 karena ada sinergitas mulai dari pemerintah dan semua elemen masyarakat mensikapi dan menerapkan protokol sesuai anjuran dari pemerintah dan menjalankannya dengan baik sehingga Wonogiri masuk Zona Hijau, namun setelah muncul istilah New Normal beberapa aktivitas masyarakat mulai kendor, mulai bepergian sehingga muncul klaster perjalanan di Kabupaten Wonogiri dan kebanyakan dari klaster keluarga”, tutur Sustyadi. Pada pertengahan bulan Juli 2020 menjadi semakin bertambah dan meningkat, untuk Baturetno sendiri Juni-Agustus sekitar tanggal 21 Agustus 2020 mulai disapa covid, namun Alhamdulillah sudah teratasi dengan baik dan semoga tidak ada tambahan-tambahan klaster untuk kabupaten Wonogiri, imbuh Ketua PMI Baturetno ini.


Selain itu, beberapa kiat mensikapi pandemi yang dilakukan oleh Bapak Tuntas Adity Nugroho, S.H selaku Kepala Desa Baturetno adalah dengan mengadakan “Progoteji Desane Sijasromi”. Program Gowo Telu entuk Siji, Desane Sehat Imane, Jasmanine, Rohanine lan Ekonomine. Dengan Progoteji Desane Sijasromi ini, warga cukup membawa 3 gelas/botol bekas yang kemudian akan mendapatkan 1 bibit tanamana yang sudah disemai dan siap di pindah ke tempat tanam. “PR utama dari pandemi saat ini adalah masalah Ketahanan Pangan maka kita harus berusaha memaksimalkan lingkungan yang ada di lingkungan Keluarga untuk ketahanan pangan keluarga. Manfaatkan waktu untuk hal-hal yang produktif terutama untuk kelurga kita sendiri’, tegas Tuntas, seorang Kepala Desa Baturetno yang sudah sukses berhasil menjadi Juara 1 Lomba Kampung Siaga Candi tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2020 ini.


Di sesi terakhir, narasumber pertama berpesan untuk mengendalikan pandemi ini agar bisa ditekan serendah-rendahnya sampai akhirnya nanti mungkin ada kebijakan pemerintah misalnya imunisasi atau vaksinasi secara massal adalah sama-sama membangun kesadaran kolektif, bersinergi dengan semua elemen masyarakat. Tanpa bersama-sama pandemi ini tidak akan bisa berakhir. Tapi dengan semangat bersama dengan bersinergi semuanya, baik dari pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan warga nya, dari Puskesmas semuanya, InsyaAlloh pandemi ini betul-betul bisa kita kendalikan. “Saya cuma berpesan, Yuk, mari kita memiliki suatu pemikiran yang positif terhadap apapun dan kepada siapapun, yang dimana kita nanti memberikan aura positif kepada orang lain. InsyaAlloh kita akan diberikan aura positif kepada diri kita, yang pasti kita tetap semangat di masa pandemi Covid-19 ini, manfaatkan waktu kita untuk hal yang produktif dan tetap semangat dan yang pasti jangan lupa bahagia”, pesan Bapak Tuntas Adityo Nugroho, SH. selaku Kepala Desa Baturetno.


Virus ini memang terbukti membuat kita melakukan kebiasaan-kebiasaan baru, memaksa kita untuk beradaptasi karena memang virus ini benar-benar ada dan sudah terjadi berbagai goncangan-goncangan sosial. Memang berat tapi mari kita lakukan bersama-sama mengisi perannya masing-masing dan tetap fokus melakukan hal yang baik. Mendidik diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mengimbangi kecemasan dengan adanya virus corona salah satunya dengan mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya soal virus corona di sekitar kita. Mengutip pernyataan Presiden Jokowi, Percayalah kita bangsa yang petarung, bangsa pejuang InsyaAlloh kita bisa, InsyaAlloh kita mampu dalam menghadapi tantangan ini, tantangan global yang berat saat ini.


Di sela kegiatan, ditampilkan display berbagai video kegiatan PMI Kabupaten Wonogiri, UPTD Puskesmas 1 Baturetno, web bidikbaturetno.id, dan video lomba Kampung Siaga Candi Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2020. Kegiatan display dipandu langsung oleh Choirul Umam, guru SD Muhammadiyah Inovatif Baturetno, yang merupakan salah satu Koordinator tim kreatif konten Baturetno. Suksesnya kegiatan ini didukung oleh kerja sama yang baik antara Korwil Baturetno, UPTD Puskesmas 1 Baturetno, Pemerintah Desa Baturetno, K3S TK dan SD Baturetno, Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno, pendidik dan tenaga kependidikan serta orangtua/wali dan siswa di kecamatan Baturetno.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter