KORWIL BATURETNO PERINGATI HARDIKNAS “BIDIK BATURETNO LEVEL UP 2022”

Meskipun saat ini pandemi Covid-19 masih membayangi dunia pendidikan di Indonesia, tidak menghalangi semangat guru dan siswa di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri dalam mengeksplor diri agar tetap berjalannya roda pendidikan Indonesia. Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan siswa agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran yang kreatif, inovatif dan kontekstual. Untuk menstimulasi guru dan siswa dalam mengembangkan pembelajaran bermakna tersebut dan membentuk siswa yang terampil sesuai dengan perkembangan jaman, maka perlu kegiatan yang sesuai dan mampu mendongkrak semangat nasionalisme dan berinovasi bagi sekolah, guru dan siswa.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya. Hal tersebut dapat dilakukan dalam dunia pendidikan di Indonesia salah satunya dengan mengenang dan memperingati sosok pahlawan pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara. Bangsa Indonesia setiap tanggal 2 Mei memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Peringatan Hari Pendidikan Nasional mestinya menjadi momentum yang penting khususnya bagi para pelaku pendidikan di negara kita. Telah kita ketahui bahwa dunia pendidikan senantiasa berkembang seiring pesatnya kemajuan zaman. Hal itu tentu membawa perubahan dalam berbagai segi kehidupan yang juga menuntut pelaku pendidikan dapat bersama-sama memahami hakikat pendidikan yang sebenarnya, yaitu memperoleh ilmu dan pengalaman belajar yang akan diimplementasikan dalam berbagai aktivitas kehidupannya kelak di kemudian hari.

Dalam rangka memperingati Hardiknas Tahun 2022, Korwilcam Bidik Baturetno menggelar berbagai macam lomba inovasi guru dan siswa tingkat TK dan SD Kecamatan Baturetno yang dibingkai dalam Bidik Baturetno Level Up 2022. Lomba ini dimulai dan disosialisasikan sejak 9 April 2022. Lomba yang digelar untuk siswa antara lain Lomba MIPA SD, Lomba Praktikum SD, Lomba Bercerita TK, dan Lomba Karya Inovatif Tingkat TK. Sedangkan lomba untuk guru antara lain Lomba Karya Inovatif Guru SD, Lomba Karya Inovatif Guru TK, dan Lomba Karya Inovatif Guru KB. Perlombaan ini dilaksanakan secara daring dan luring.

Puncak acara peringatan Hardiknas, Bidik Baturetno Level Up 2022 ini jatuh pada hari Senin (23/05/2022) bertempat di Gedung Griyo Javanesia Baturetno (selatan SDN 1 Sendangrejo Baturetno). Lomba siswa inovatif dilaksanakan secara daring sedangkan lomba Guru Inovatif dilaksanakan saat puncak acara Bidik Baturetno Level Up 2022 dengan aspek penilaian Portofolio, Gelar Karya dan Presentasi. Dalam lomba ini, gelar karya peserta lomba dipersiapkan sejak Minggu (22/05/2022) dan diberi kesempatan untuk pemaparan karyanya di depan juri (presentasi).

Setyo Sukarno selaku Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Gino selaku Kabid Dikdas, Tarmo selaku Kabid PTK, Stefany Agung Sedayu selaku Kasi SD, Banu Darussalam selaku Kasi PAUD beserta jajarannya, Eko Nur Haryono selaku Camat/Forkompincam Baturetno beserta jajarannya, Korwil/pengawas TK dan SD, Pengurus K3S TK dan SD Baturetno, finalis lomba serta tamu undangan hadir dengan antusias memeriahkan acara Bidik Baturetno Level Up 2022 ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Semua karya inovasi hari ini Juara 1, karena sudah mencurahkan imajinasi yang dimilikinya. Kembangkan terus inovasi dan kreativitas pembelajaran agar pendidikan di Wonogiri semakin maju dan sukses” kata Yuli Bangun Nursanti selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. “Baturetno memang hebat yang lain baru mendapatkan 1 inovasi, Baturetno sudah menelurkan 10 inovasi. Semangat selalu untuk semua guru baik KB, TK, dan SD Baturetno”, imbuhnya disertai tepuk riuh hadirin.

“Setiap pembelajaran yang diajarkan sebaiknya disisipkan pendidikan karakter, budi pekerti dan kearifan lokal dengan tujuan agar budaya bangsa kita tetap terjaga”, kata Setyo Sukarno selaku Wakil Bupati Wonogiri saat mengisi sambutan pada puncak acara peringatan Hardiknas di Griyo Javanesia. Setyo Sukarno sangat bangga kepada para siswa dan guru di Kecamatan Baturetno yang telah berinovasi dalam pendidikan di Wonogiri.

Yohan Mahendra dalam sambutannya selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan  tema peringatan Hardiknas Tahun 2022 yang dibingkai dengan nama Bidik Baturetno Level Up 2022 ini yaitu Semangat Berinovasi Tumbuhkan Kreativitas Menuju Indonesia Emas. Pemenang lomba Siswa Inovatif tingkat TK diraih Alisa Naya Almira (TK Aisyiyah I Baturetno) sebagai Juara 1, Adytama Biraya Kurniawan (TK Islam Al Falah) sebagai Juara 2, Mikayla Alyana (TK Aisyiyah 3 Baturetno) sebagai Juara 3, Michael Andreasta Wiyana (TK Wiyata Wacana Baturetno) sebagai Juara Harapan 1, Reasa Nuria Sa’dah (TK Sendangrejo) sebagai Juara Harapan 2, dan Raniya Desinta Kinanti (TK Lestari 2 Setrorejo) sebagai Juara Harapan 3.

Pemenang Lomba Bercerita tingkat TK diraih Arfa Fathullahi Azizi (TK Aisyiyah I Baturetno) sebagai Juara 1, Christiyan Dimitri (TK Wiyata Wacana Baturetno) sebagai Juara 2, Adia Puti Ramadhani (TK Islam Al Falah Baturetno) sebagai Juara 3, Latisha Khanza (TK Lestari 2 Baturetno) sebagai Juara Harapan 1, Asya Tsabbita (TK Aisyiyah 2 Baturetno) sebagai Juara Harapan 2, dan Aufal Rachel Andrea (TK Bina Putra Baturetno) sebagai Juara Harapan 3.

Pemenang lomba MIPA tingkat SD diraih Zeshella Dinar Purwadinata Dan Hisyam Fathin Abiyyu (SDN 2 Baturetno) sebagai Juara 1, Azzam Fadhil Baihaqi (SDIT As-Salamah Baturetno) sebagai Juara 2, Lakeisha Jagad Itsnaani (SDN 4 Balepanjang) sebagai Juara 3, Stivanno Nur Siddiqa (SDN 4 Baturetno) sebagai Juara Harapan 1, Azizah Nur Hasanah (SDN 1 Saradan) sebagai Juara Harapan 2, dan Hada Trinoto Wibowo Noerkanyoko (SDN 1 Baturetno) sebagai Juara Harapan 3.

Pemenang lomba Apresiasi Sastra (Mendongeng) tingkat SD diraih Nindita Mikaila Tsani (SDN 1 Belikurip) sebagai Juara 1, Pradistya Sherryy (SDN 2 Saradan) sebagai Juara 2, Kayyisa Lathifa (SDN 2 Baturetno) sebagai Juara 3, Naila Widya Frismawati (SDN 3 Setrorejo) sebagai Juara Harapan 1, Syafira Nur Khalifah (SDN 2 Glesungrejo) sebagai Juara Harapan 2, dan Irene Hanindita Gunawan (SDK Baturetno) sebagai Juara Harapan 3.

Pemenang lomba Guru Inovatif tingkat SD diraih Dian Isnawati (SDN Glonggongrejo) sebagai Juara 1, Maria Erlina Hardiyanti (SDN 3 Balepanjang) sebagai Juara 2, Choiriyah Nur Hidayati (SDN 7 Baturetno) sebagai Juara 3, Novi Anggari Handayani (SDN 2 Sendangrejo) sebagai Juara Harapan 1, Suryani (SDN 2 Kedungombo) sebagai Juara Harapan 2, dan Didik Gunandar Saputra (SDN 2 Temon) sebagai Juara Harapan 3. Selamat dan sukses kepada para jawara Lomba Inovasi Hardiknas Kecamatan Baturetno tahun ini.

Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses berkat dukungan K3S TK dan SD Baturetno dan semua pihak serta sponsorship Griyo Javanesia Baturetno, BPD Jateng, Mitha Suplier, MK Studio, RK Creative dan Kaisar Cell Baturetno. Terima kasih, semoga kerjasama ini senantiasa terjalin dengan baik. Mari semua siswa dan guru TK/PAUD dan SD, kita tingkatkan mutu pendidikan kita sehingga pembelajaran lebih inovatif dan terwujud anak didik yang kreatif dan mandiri.

Salam inovasi.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter