KKG TK KECAMATAN BATURETNO SECARA LURING KEMBALI DILAKUKAN

Setelah sekian lama ditunggu oleh para guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Baturetno untuk mengadakan pertemuan KKG secara luring akhirnya terwujud. Hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 di aula kantor Korwil Kecamatan Baturetno diadakan pertemuan KKG secara luring. Pertemuan ini dihadiri sekitar 62 guru TK baik guru swasta maupun ASN.

Sesuai dengan  program yang telah diputuskan bahwa untuk kali ini membahas tentang silabus, progta dan promes.  “Seorang guru wajib atau harus mempunyai rencana pembelajaran yang meliputi: Program Semester I dan II, RPPM, dan RPPH” kata Suparman, S.Pd selaku nara sumber pada acara ini. Promes sebaiknya dibuat sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi lembega.

Dalam menyusun promes kita harus memperhatikan langkahnya yaitu:

  1. Membuat daftar tema dalam satu semester
  2. Mengembangakan tema menjadi sub-sub tema
  3. Menentukan alokasi waktu. 1 Minggu, 2 Minggu
  4. Menentukan KD di setiap bidang pengembangan. Bidang pengembangan disini ada 6.
  5. Penulisan KD boleh lengkap atau kodenya saja
  6. KD dapat diulang-ulang disetiap tema
  7. Tema, sub tema , sub-sub tema yang sudah ditentukan dapat berubah bila ada kondisi tertentu, dengan melibatkan anak tanpa harus merubah KD yang sudah ditetapkan.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Korwil Kecamatan Baturetno yang memberikan pengarahan kepada para guru untuk ikut mendaftar program guru penggerak. Guru penggerak angkatan 7 sudah dibuka sejak tanggal 14 Maret 2022. Selain itu Bapak Korwil juga memberikan masukan kepada guru ASN tentang logo ASN berAKHLAK. Berakhlak merupakan akronim dari :

  1. Berorientasi pelayanan
  2. Akuntabel
  3. Kompeten
  4. Harmonis
  5. Loyal
  6. Adaptif
  7. Kolaboratif

Sebelum pertemuan ini diakhiri, setiap lembaga diberi tugas untuk membuat promes semester I dan II, sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Tugas ini akan dikumpulkan pada pertemuan KKG yang akan datang. Tugas dirancang untuk dijadikan promes nanti pada tahun pelajaran baru yaitu 2022/2023 di lembaga masing-masing. Sebagai seorang guru yang bertanggungjawab mari kita senantiasa membuat rencana pembelajaran dan berAKHLAK.

Salam sehat. (@warni)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter