KKG PAI Baturetno Menyingsingkan Lengan Baju Dalam Penyusunan RPP Daring

Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi penyusunan RPP Daring bagi Guru Kelas, Guru Mapel PJOK dan Guru Agama di Kecamatan Baturetno yang diselenggarakan  oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Baturetno di Aula Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno kemarin, KKG PAI Baturetno segera menyingsingkan lengan baju. KKG PAI Baturetno segera mengadakan pertemuan KKG luring pada hari Kamis, 10 September 2020 dengan tetap memperhatikan arahan protokol kesehatan. “Bapak dan Ibu, mari kita singsingkan lengan baju, rajin dan tekun bekerja khususnya dalam penyusunan RPP Daring ini agar dapat bermanfaat bagi orang banyak dan terpenting lagi adalah menjadi amal jariyah kita”, tutur Siti Retno Chusniah, S.PdI. selaku ketua KKG PAI Baturetno. Hal itu dilakukan demi tercapainya diskusi bersama untuk sharing tentang penyusunan RPP Daring.

KKG PAI Baturetno tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menghasilkan produk yang memiliki ciri atau identitas sendiri yaitu produk RPP Daring kecamatan Baturetno. Dalam pertemuan penyusunan RPP Daring tersebut, KKG PAI Baturetno menghadirkan narasumber Ibu Endang Tri Winarni, S.Pd.,M.Pd. selaku Pengawas TK/SD Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno. “Memang RPP bukanlah hal baru bagi kita semua, juga bagi kami guru Pendidikan Agama Islam, tetapi demi menyamakan persepsi tersebut, maka sangat penting kami GPAI mengadakan diskusi bersama”, imbuh Siti Retno Chusniah, S.Pd.I.

Pelaksanaan KKG PAI Baturetno berlangsung tertib, lancar, dan sukses kurang lebih tiga jam. Peserta sangat antusias memperhatikan arahan dan bimbingan dari narasumber. Suasana pertemuan sangat hidup dengan diskusi peserta tentang RPP Daring tersebut. Materi yang disampaikan mengenai RPP berdasarkan acuan dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 4 tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP atau istilah lain RPP satu lembar. “Berhubung kita sudah diberi keringanan dan kemudahan yaitu dengan RPP sederhana, maka sepakat kami akan menyusun RPP Daring yang sederhana yang meliputi tiga aspek yaitu tujuan, langkah-langkah dan Assessment atau Penilaian, yang tetap mengacu pada prinsip efektif, efisien dan berorientasi pada siswa”, kata Zidni Nurhayati, S.Ag., M.Pd. yang merupakan Guru PAI SDN 3 Belikurip saat dikonfirmasi bidikbaturetno.id. Sebetulnya kita bisa download di geogle atau minta contoh RPP dari kecamatan lain, kita tinggal edit-edit sedikit langsung jadi, tetapi lebih baiknya karya produk RPP sendiri yang sesuai identitas kita kecamatan Baturetno, imbuhnya.

Akhirnya dalam diskusi KKG PAI Baturetno tersebut tercapai kesepakatan atau kesimpulan untuk membuat karya produk RPP Daring sendiri sesuai keseragaman FKKG Kecamatan Baturetno yaitu RPP sederhana yang meliputi tiga aspek tersebut. Semoga RPP Daring ini dapat sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan RPP akan lebih mempermudah, memperlancar serta meningkatkan hasil proses belajar mengajar. Selamat berkarya guru-guru Baturetno, majulah bangsaku. (@zidni).

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter