KI HAJAR DEWANTARA GELAR SOSIALISASI E-KTSP 2020

Apa itu E-KTSP? Apa tujuan, ruang lingkup, dan sistematika penulisan E-KTSP 2020?. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum yang disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan sebagai bagian dari perencanaan dan menjadi pedoman bagi seluruh warga sekolah dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. KTSP merupakan salah satu dokumen penting di sekolah yang berfungsi sebagai blueprint penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Untuk itu, KTSP perlu dikembangkan dengan prosedur yang benar, melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan, waktu yang tepat, dan isi yang sesuai. Tahun 2020 ini, di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, KTSP ini telah dilaksanakan secara elektronik atau lebih dikenal sebagai E-KTSP.

Sub K3S Gugus Ki Hajar Dewantara Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno (15/10/2020) menggelar pertemuan rutin sekaligus sosialisasi E-KTSP Tahun 2020. Acara yang digelar di aula SD Kanisius Baturetno ini dihadiri sekitar 25 personil yang terdiri dari Korwil dan Pengawas TK/SD Baturetno, Pengurus dan Kepala Sekolah Sub K3S Gugus Ki Hajar Dewantara serta perwakilan guru sebagai Tim Pengembang KTSP. Sosialisasi ini dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Eko Hargito, S.Pd.,M.Pd. selaku ketua Sub K3S Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Baturetno. “Tahun 2020 ini, SD Negeri 2 Baturetno menjadi pilot project pelaksanaan E-KTSP di Baturetno dan kemarin sudah berhasil menyusun kurikulum digital tersebut dan memperoleh pengesahan Kadinas Wonogiri dalam bentuk barcode, maka nanti akan disosialisaskan lebih lanjut bagaimana menyusun E-KTSP tersebut oleh Mas Nanto”, kata Eko Hargito dalam sambutannya. Selanjutnya, dalam sambutan Korwil Baturetno, Warno, S.Pd.,M.Pd. mengatakan bahwa tujuan dari penyusunan dan pengesahan E-KTSP ini adalah meningkatkan kualitas dokumen KTSP, meningkatkan kualitas layanan pengesahan KTSP dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pengesahan KTSP itu sendiri.

Mengawali sambutannya, Endang Tri Winarni, S.Pd.M.Pd. selaku Pengawas Dabin Gugus Ki Hajar Dewantara Baturetno menyampaikan bahwa ruang lingkup penyusunan dan pengesahan E-KTSP mencakup dua kegiatan, yakni prosedur penyusunan dokumen KTSP oleh satuan pendidikan yang terdiri dari penyusunan dokumen I KTSP, dokumen II (silabus) dan dokumen III (RPP) dan kegiatan prosedur pengesahan KTSP oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Sosialisasi E-KTSP dengan pemateri Sunanto, S.Pd. (Guru SDN 2 Baturetno) kali ini sangat menarik dan memancing perhatian seluruh peserta. Hal ini karena alur dan proses penyusunan E-KTSP itu sendiri yang berbeda dengan kurikulum tahun kemarin. Setiap satuan pendidikan di Baturetno yang semua sudah memiliki akun office 365 harus segera diaktifkan dan dikelola dengan baik. One Drive dalam akun ini sudah terdapat folder yang akan digunakan dalam menyusun dan mengunggah E-KTSP. Sebelum mengunggah file penyusun E-KTSP, tiap sekolah harus mempersiapkan dokumen F1 sampai dengan F9 yang telah diverifikasi pengawas dan mengubahnya ke dalam bentuk pdf. Adapun dokumen E-KTSP berisi dokumen I Kurikulum 2013 (dokumen I dan Format F2), dokumen II (Silabus dan Format F3), dan dokumen III (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Format F4).

Setelah sosialisasi ini, Korwil Baturetno berharap satuan pendidikan di gugus Ki Hajar Dewantara Baturetno segera menyelesaikan E-KTSP pada akhir bulan Oktober 2020. SDN 2 Baturetno sebagai sekolah Inti siap memfasilitasi dan membantu sekolah imbas dalam penyusunan dan pembuatan E-KTSP 2020. Sehingga awal Januari 2021 seluruh satuan pendidikan di lingkungan Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno sudah serentak menggunakan kurikulum E-KTSP. (@nantoo81)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter