KEGIATAN GUGUS MATAHARI I KECAMATAN BATURETNO PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN KINEMASTER DAN MENGENAL GOOGLE FORM

Pertemuan KKG Gugus Matahari I pada bulan Februari ini, terlaksana pada hari Rabu tanggal 16 Februari 2022 di TK Alfalah Baturetno. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai program yang sudah dirancang pada pertemuan bulan Januari lalu. Sesuai program yang sudah ditetapkan bulan ini membahas tentang IT (Informasi dan Teknologi). IT merupakan istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Tujuan pengenalan IT  bagi anggota KKG Gugus Matahari 1:

  1. Untuk membantu guru dalam memecahkan suatu masalah pembelajaran
  2. Mendukung dan menambah kreatifitas bagi guru dalam pembelajaran
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyampaian pembelajaran

Dalam kegiatan ini dipandu oleh ibu Yeva Apriska Puja Ananda dari TK PKK Belikurip I dan ibu Dewi Endah Puspita dari KB Setia Bangsa.

Manfaat menggunakan video pembelajaran dalam pembelajaran:

  1. Meningkatkan motivasi belajar anak
  2. Menjadikan anak senang untuk belajar
  3. Pengganti guru dalam memberikan penjelasan materi
  4. Meningkatkan hasil belajar anak

“Pembuatan video pembelajaran ini sangat penting bagi kita seorang guru, agar anak-anak lebih tertarik pada pembelajaran yang kita ajarkan” kata Dewi selaku nara sumber pada kegiatan ini.

Selain video pembelajaran anggota KKG Gugus Matahari I juga diajak mengenal google form. Google form merupakan layanan google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei, kuesioner, formulir, atau semacamnya dengan basis online atau digital.  Dengan google form kita dapat membuat layanan yang efektif dan praktis. Untuk saat ini disajikan absensi KKG Gugus Matahari I sampai melihat jawaban dari responden anggota.

Anggota KKG Gugus Matahari I meski ada yang sudah hampir purna tapi tetap semangat untuk mencoba. Kerjasama antara guru yang senior dengan yang yunior sangat terlihat pada saat ini. Guru yang muda membantu guru yang tua dalam praktik mengenal IT ini. “Terima kasih bapak ibu guru atas kerjasamanya, sehingga kegiatan hari ini sangat mengasikkan, kita tambah ilmu” kata Suharni, S.Pd selaku ketua KKG Gugus Matahari I saat menutup pertemuan ini. Dalam pertemuan ini tetap menjaga protokol kesehatan. Mari teman-teman kita selalu belajar dan belajar, karena pepatah mengatakan belajar itu sepanjang hayat. Guru pintar anak juga pintar. Salam 5 M. (Suwarni)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter