Kartini dengan Wajah Baru bersama TK/SD Kanisius Jamprit

Raden Ajeng Kartini merupakan sosok wanita tangguh yang mendasari adanya emansipasi wanita di Indonesia. Keinginan dan tekad di dalam hati Kartini untuk menjadikan para wanita di Indonesia juga mempunyai persamaan derajat yang sama dengan laki-laki, bahwa setiap wanita juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan. Perjuangan dan tekad Kartini untuk menyamakan derajat kaum wanita dengan kaum pria telah membuahkan hasil, yaitu dibuktikan dengan berkembangnya sekolah-sekolah untuk wanita dan dapat dirasakan sampai saat ini.

Walaupun masih masa pandemi, tidak menyurutkan niat untuk tetap berbagi berkah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang posistif, utamanya di bidang pendidikan. Justru disaat-saat seperti inilah ketangguhan seorang perempuan diuji untuk menjadi kartini-kartini masa kini. Peran perempuan yaitu harus mampu mengalahkan rasa takut dan pantang menyerah dalam berbagai kondisi dan situasi terlebih masa-masa pandemi yang tidak pernah tahu kapan akan berakhir. Sebagai perempuan tentunya bisa mengup-grade diri menjadi pribadi yang berpendidikan dan berkelas baik itu dalam lingkup keseharian ataupun sosial.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada hari Rabu tanggal 21 April 2021, TK/SD Kanisius Jamprit mengadakan berbagai macam kegiatan yaitu diantaranya upacara khusus guru,karyawan,dan beberapa perwakilan siswa serta wali murid. Selain kegiatan tersebut juga membagikan sembako yang bekerja sama dengan Klinik Pratama Pancasila BKIA. Sasarannya yaitu para siswa yang kurang mampu. Tentunya tetap melakukan protokol kesehatan. Kegiatan – kegiatan tersebut selain bertujuan untuk mengenang jasa RA Kartini juga sebagai ucapan syukur dan terima kasih atas perjuangan RA Kartini yang menjadikan kaum perempuan mendapatkan tempat yang sama dengan kaum laki-laki.

Untuk meneruskan perjuangan RA Kartini tentunya kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Kartini masa kini setidaknya berani tampil dalam berbagai bidang khususnya pendidikan, mandiri dan penuh perjuangan untuk menjadikan anak bangsa lebih baik,berkualitas dan bermoral yang berpedoman pada Pancasila. Dengan semangat Kartini mari kita keluar dari zona nyaman dan tunjukkan Kartini dengan wajah-wajah baru yang lebih tangguh dan selalu berpikir terbuka demi kemajuan NKRI.

(Lusia_SDKJamprit)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter