K3S BATURETNO SUKSES GELAR SELEKSI FLS2N 2022

Seni merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pendekatan pendidikan yang lebih humanistik, karena ilmu seni merupakan ilmu tentang estetika (keindahan). Karya Seni yang berupa seni tari, seni suara, seni musik, seni rupa, dan berbagai karya seni lainnya sangat kaya memuat pesan tentang nilai-nilai keutamaan, kebajikan, dan kebijaksanaan. Sehingga, pentingnya penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sebagai bagian dalam pengembangan talenta seni dalam setiap peserta didik di seluruh Indonesia.

Sabtu, (16/07/2022) K3S dan Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno sukses menggelar seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kecamatan Tahun 2022. Acara yang digelar secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ini menggunakan empat titik lokasi untuk menghindari kerumunan. Keempat titik lokasi tersebut yakni cabang lomba Seni Tari berada di aula Korwilcambidik Baturetno, cabang lomba Pantomim di SD Negeri 1 Baturetno, cabang lomba Menyanyi Tunggal di SD Negeri 2 Baturetno, dan cabang lomba Gambar Bercerita dan Kriya Anyam berada di SD Negeri 4 Baturetno.

Meskipun pelaksanaan secara luring, acara pembukaan seleksi FLS2N Tingkat Kecamatan Baturetno juga disiarkan melalui chanel youtube bidikbaturetno. Hal ini dilakukan agar seluruh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan di kecamatan Baturetno dan sekitarnya dapat menyaksikan secara langsung/live acara pembukaan seleksi FLS2N tersebut. Acara pembukaan dimulai pukul 08.15 WIB dan dibuka secara resmi oleh Korwilcambidik Baturetno.

Menindaklanjuti Program Kerja dari Pusat Prestasi Nasional sebagai satuan kerja yang dibentuk di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi agar potensi talenta yang dipunyai bangsa ini bisa menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi kepada percepatan pembangunan secara komprehensif. FLS2N merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang seni bagi peserta didik, sehingga Korwilcambidik Baturetno selalu bersinergi dengan Puspresnas akan terus mengembangkan FLS2N menjadi lebih dinamis dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional akan menjadi salah satu pola pembinaan  pendidikan di bidang seni di Korwilcambidik Baturetno. Di  samping itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan prestasi dan karakter  peserta didik agar mempunyai daya cipta,  kelembutan hati, serta kecintaan seni dan  budaya bangsa. “Kami selaku panitia dari acara ini mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan partisipasi bapak, ibu, dan anak-anak peserta lomba FLS2N dalam acara ini, dan juga rasa terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan hingga acara ini terlaksana”, kata Martinus Widodo dalam laporan kegiatan sebagai Ketua Panitia seleksi FLS2N kecamatan Baturetno.

Sasaran Festival Lomba Seni Siswa  Nasional (FLS2N) Pendidikan Dasar di Kowilcambidik Baturetno  adalah peserta didik jenjang SD di Kecamatan Baturetno. Tema Festival dan lomba seni siswa nasional bidang pendidikan dasar tahun 2022 di Korwilcambidik Baturetno adalah: “Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia”

Program dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang seni bahasa dan literasi yaitu penyelenggaraan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau disebut FLS2N. Pelaksanaan FLS2N Jenjang SD Korwilcambidik Baturetno tahun 2022 ini berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang seni dan mampu berdaya saing nasional maupun global. “Mari kita tingkatkan prestasi kita masing-masing. Harapan kami kepada Bapak Ibu Kepala Sekolah, ke depannya mari kita tingkatkan prestasi anak-anak kita, sehingga dalam ajang seperti ini di tahun depan bisa mengikuti semua cabang lomba. Bagi anak-anakku, selamat berjuang, semoga semua menjadi juara dan nantinya akan dipilih yang terbaik”, ucap Warno selaku Korwilcambidik Baturetno.

Pengumuman hasil seleksi FLS2N sekaligus penyerahan Thropy/Piala dan Piagam Penghargaan digelar langsung di aula Korwilcambidik Baturetno. Cabang lomba Pantomim yang diikuti sebanyak 10 peserta dari satuan pendidikan, untuk Juara 1 direbut oleh SDIT As Salamah Baturetno, Juara 2 diraih SD Negeri 2 Baturetno, Juara 3 direbut oleh SD Negeri 1 Baturetno. Juara Harapan 1 SD Negeri 2 Glesungrejo, Harapan 2 diraih oleh SD Kanisius Baturetno, dan juara Harapan 3 diraih SD Negeri 2 Watuagung.

Cabang lomba Seni Tari yang diikuti sebanyak 6 peserta dari satuan pendidikan, untuk Juara 1 direbut oleh SD Negeri 2 Baturetno, Juara 2 diraih SD Negeri 1 Gambiranom, Juara 3 direbut oleh SD Negeri 2 Watuagung. Juara Harapan 1 diraih SD Negeri 1 Saradan, Harapan 2 diraih oleh SD Kanisius Baturetno, dan juara Harapan 3 diraih SDIT As Salamah Baturetno.

Cabang lomba Kriya Anyam yang diikuti sebanyak 17 peserta dari satuan pendidikan, untuk Juara 1 direbut oleh Dalia Nurma Syaputri (SD Negeri 1 Baturetno), Juara 2 diraih oleh Nikania Nazwatul Aliya (SD Negeri 3 Setrorejo), Juara 3 direbut oleh Tomi Budiyono (SD Negeri Boto). Juara Harapan 1 diraih Fibi Fausta Libna K (SD Muhammadiyah Inovatif Baturetno), Harapan 2 diraih oleh Nindia Kanesa (SD Negeri 1 Kedungombo), dan juara Harapan 3 diraih Fannisa Elvyaastari (SDIT As Salamah Baturetno).

Cabang lomba Gambar Bercerita yang diikuti sebanyak 26 peserta dari satuan pendidikan, untuk Juara 1 direbut oleh Elmyra Qaela Ardinayanty (SD Negeri 2 Saradan), Juara 2 diraih oleh Arshaka Sabqi Adz Dzikra (SD Negeri 1 Baturetno), Juara 3 direbut oleh Ava Cahya Setyanggo (SD Negeri 2 Baturetno). Juara Harapan 1 diraih Mutia Agusti Sagita Pratiwi (SD Negeri 4 Baturetno), Harapan 2 diraih oleh Fahri Aditya Pratama (SD Negeri 2 Watuagung), dan juara Harapan 3 diraih Aksara Nur Alifa (SDIT As Salamah Baturetno).

Cabang lomba Menyanyi Tunggal yang diikuti sebanyak 24 peserta dari satuan pendidikan, untuk Juara 1 direbut oleh Zeshella Dinar Purwadinata (SD Negeri 2 Baturetno), Juara 2 diraih oleh Laili Aulia Ramadhani (SD Negeri 7 Baturetno), Juara 3 direbut oleh Jeanny Natalie Armanto (SD Kanisius Baturetno). Juara Harapan 1 diraih Qhobbil Pangaribowo Pamungkas (SD Negeri 2 Sendangrejo), Harapan 2 diraih oleh Renata Maghrisya Putri (SD Negeri 1 Saradan), dan juara Harapan 3 diraih Puan Widya Rasendriya (SD Negeri 6 Baturetno). Selanjutnya peraih juara 1 berhak mewakili kecamatan Baturetno untuk maju ke tingkat Kabupaten Wonogiri.

Dengan terselenggaranya FLS2N di Korwilcambidik Baturetno diharapkan akan memperluas cakrawala pengetahuan seni, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, kolaborasi dan toleransi. FLS2N juga diharapkan menjadi salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik jenjang pendidikan dasar di korwilcambidik Baturetno dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. (@bidikbro)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter