IGTKI Bersama Tim Bidikbaturetno.id Membedah Office 365

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diamanatkan pemerintah menjadi tantangan baru Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Baturetno di masa pandemi ini. Berbagai cara dan metode sudah diterapkan guru Taman Kanak-kanak (TK) Baturetno guna mensukseskan PJJ tersebut. Meskipun dibilang hal yang baru, IGTKI Baturetno bersama Tim bidikbaturetno.id menggelar acara bedah Office 365. Hal ini sinergi dengan apa yang diprogramkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang telah men-deploy akun office 365 kepada seluruh satuan pendidikan dan pendidik di Kabupaten Wonogiri.

Tanggal 5 setiap bulan, IGTKI Baturetno selalu mengadakan pertemuan rutin. Pada bulan ini, seperti bulan-bulan sebelumnya IGTKI juga mengadakan pertemuan rutinnya tetapi dilaksanakan pada tanggal 7 September 2020. Pertemuan kali ini bertempat di Aula Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno dengan dihadiri guru-guru TK se-Baturetno yang  mengagendakan pengaktifan akun dan membedah Microsoft Office 365. Pengaktifan akun Office 365 ini bekerjasama dengan tim konten bidikbaturetno.id. Acara dibuka secara resmi oleh ibu Sri Lestari, S.Pd. selaku ketua K3S TK atau IGTKI Kecamatan Baturetno. Guru TK Baturetno juga mau andil dalam memajukan dunia pendidikan di tengah pandemi ini, meskipun kami sudah agak sepuh tetapi semangat belajar kami tetaplah membara khususnya belajar Microsoft Teams dalam pembelajaran, kata Ketua IGTKI Baturetno tersebut. Pengaktifan akun dan bedah Office 365 ini juga dihadiri Ibu Dian Ekawati, M.Pd. dan Bapak Riska Septian, M.Pd. sebagai anggota Tim Kreatif Konten dan Pengembang Pembelajaran Kabupaten Wonogiri.

Dalam kegiatan ini, IGTKI bersama Bapak Sunanto, S.Pd. dan Ibu Puji Rahayu, S.Pd dari Tim konten bidikbaturetno.id mendampingi dan membersamai rekan guru IGTKI mengaktifkan akun Office 365 yang telah diperoleh melalui android maupun laptopnya masing-masing. Tim Konten bidikbaturetno.id menjelaskan berbagai fiktur baru pada Microsoft Office 365. Selain itu, guru-guru TK Baturetno juga dibekali tentang berbagai teknis terkait Microsoft Office 365.

Melalui handphone dan laptop masing masing, guru TK Baturetno mengaktifkan akun Microsoft Office 365 untuk keperluan mengikuti Vicon yang sering dan harus diikuti untuk menambah pengetahuan selama Pandemi Covid-19 ini. Bapak Sunanto, S.Pd. bersama Tim Konten bidikbaturetno.id dengan sabar dan telaten mendampingi guru-guru TK Baturetno. Mulai dari langkah-langkah pengisian akun yang sudah didapat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, pengisian dan penggantian password baru, mengaktifkan akun pribadi dan memperkenalkan aplikasi Microsoft Teams untuk mengikuti Vicon serta bagaimana cara membuat link meeting/pertemuan.

Dalam pertemuan kali ini, Ibu Puji Rahayu, S.Pd juga menyampaikan berbagai tips dan trik yang dapat mempermudah penggunaan Microsoft Office 365 yang jarang diketahui guru-guru TK. Microsoft Office 365 memang merupakan versi Microsoft Office terbaru yang bagi guru-guru TK adalah sesuatu yang baru.

Di akhir sesi kegiatan, sebagai penutup ada penguatan dari Bapak Sunanto, S.Pd. dengan menyampaikan pesan-pesan yang positif untuk guru TK Baturetno. Diantaranya untuk selalu menjaga kesehatan, banyak berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu, dan tidak patah semangat dalam belajar. Beliau juga menyampaikan, kita sebagai pendidik untuk selalu semangat dalam  bekerja apapun dan bagaimanapun keadaanya. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat menorehkan tinta emas dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter