Guru Baturetno Kaya Karya, Berhati Cahaya

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti membuka Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 tahun 2021 di SD Negeri 2 Baturetno, Senin (29/11/2021).

Acara yang disiarkan secara langsung pada Channel Youtube Bidik Baturetno ini mengusung tema “Goresan Emas Guru Baturetno”.

Sunanto dan Siti Mu’alifah selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri yang sudah berkenan hadir secara virtual dan membuka Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 di Kecamatan Baturetno.

Dalam sambutannya, Yuli mengajak untuk sesarengan mbangun Wonogiri. “Melalui pendidikan, kita laksanakan program-program Pemerintah Kabupaten Wonogiri,” kata Yuli.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan pemutaran lagu “Selamat Pagi” yang merupakan soundtrack film “Telu Pitu”. Lagu ini diciptakan oleh Fajar DJ dan dinyanyikan oleh Andani.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang dilombakan dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Video tersebut terdiri dari video pembuatan seni anyam oleh siswa SDN 1 Balepanjang, video pembuatan gambar bercerita oleh siswa SDN 1 Baturetno yang meraih Juara II Tingkat Kabupaten Wonogiri, dilanjutkan dengan pemutaran video Tari Kreasi “Reresik Raga” dari SDN 1 Gambiranom, Tari Kebyok dari murid-murid TK dalam naungan IGTKI dan Tari Krincing dari siswa-siswa SD Kecamatan Baturetno.

Pra Acara dilaksanakan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Suparman dari TK Al Falah Baturetno.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno, Warno. Dalam sambutannya, Warno mengajak untuk menorehkan lagi goresan-goresan emas untuk Bapak/Ibu Guru dan siswa di Baturetno.

“Dengan bimbingan Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru, Kecamatan Baturetno akan selangkah lebih maju. Dukungan dan peran serta Bapak/Ibu Guru demi peningkatan pendidikan khususnya di Kecamatan Baturetno umumnya di Kabupaten Wonogiri,” kata Warno menutup sambutannya.

Setelah sambutan dari Korwilcambidik Baturetno, dilanjutkan pemutaran lagu “Asa” yang juga merupakan soundtrack film “Telu Pitu”. Lagu ini diciptakan oleh Fajar DJ dan dinyanyikan oleh Isna.

Pada Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 ini juga dilaksanakan Launching SIMPUL GAMED yang merupakan singkatan dari Inovasi Lima Puluh Game Edukasi. SIMPUL GAMED ini berisi 50 game edukasi yang terdiri dari berbagai mata pelajaran untuk siswa SD. Selain dimanfaatkan untuk pembelajaran, SIMPUL GAMED ini juga didaftarkan dalam kegiatan Wonogiri Inovation Award Tahun 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Setelah acara launching SIMPUL GAMED, dilanjutkan dengan pemutaran soundtrack film “Amitun” (Amit, Tulung, Nuwun) yang berjudul “Ayo Numpak Bis”. Lagu ini diciptakan oleh Fajar DJ dan dinyanyikan oleh Amitun Geng.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran kaleidoskop tahun 2021 Kecamatan Baturetno. dalam video kaleidoskop yang diputar diceritakan bahwa perjalanan Kecamatan Baturetno sepanjang tahun 2021 diibaratkan dengan sebuah kereta yang berjalan dengan tujuan utama kesuksesan dunia pendidikan. Kereta itu memiliki beberapa gerbong. Setiap gerbong itu diisi oleh orang-orang hebat. Ada tenaga operator sekolah yang berjuang dengan data, petugas sarpras, bendahara BOS yang berjuang dengan angka-angka, serta Bapak/Ibu Guru yang membimbing siswanya hingga mencapai prestasi. Mereka semua adalah orang-orang hebat di balik layar yang turut memajukan dunia pendidikan di Kecamatan Baturetno.

Setelah pemutaran kaleidoskop, diputar pula lagu berjudul “Amitun” yang liriknya ditulis oleh Niken Aresta dan dinyanyikan Amitun Geng. Lagu ini juga merupakan soundtrack film “Amitun (Amit, Tulung, Nuwun)”.

Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film “Amitun”. Dari film ini dapat diambil pelajaran tentang praktik baik meminta maaf, meminta tolong dan mengucapkan terimakasih. Film ini meraih Juara Harapan 1 dalam Lomba Film Pendek tingkat Kabupaten Wonogiri.

Selain “Amitun” diputar pula film “Pitutur” karya IGTKI Kecamatan Baturetno yang meraih Juara Harapan III dalam Lomba Film Pendek tingkat Kabupaten Wonogiri.

Dalam Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 Kecamatan Baturetno, diputar video motivasi dari beberapa guru Kecamatan Baturetno. Yang pertama motivasi dari Kepala SD Kanisius Jamprit, Rosalia Istantini yang mengajak untuk mendidik anak dengan hati. Dilanjutkan motivasi dari guru SD Negeri 1 Baturetno, Tri Indah M sebagai perwakilan dari Guru P3K. Kemudian motivasi dari Didik Gunandar Saputro, guru SD Negeri 2 Temon sebagai perwakilan dari guru CPNS dilanjutkan Uri Imakulata dari TK Al Falah sebagai perwakilan guru TK dan ditutup dengan motivasi dari Kepala SD Negeri 4 Baturetno, Riska Septian.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran film “Telu Pitu” yang meraih Juara III dalam Lomba Film Pendek tingkat Kabupaten Wonogiri. Telu bermakna tulung dan pitu bermakna pitulungan. Film ini memberi pelajaran tentang hidup tolong menolong.

Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 Kecamatan Baturetno ditutup dengan mengenang para pendidik dan tenaga kependidikan yang telah berpulang di sepanjang tahun 2021 dan berdoa bersama untuk mereka.

Terlaksananya Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI yang ke-50 Kecamatan Baturetno ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak dan panitia yang diketuai oleh Bangun Wahyu Saputro. Panitia berharap semoga acara ini dapat menginspirasi untuk terus berkarya. Sesuai dengan jargon acara yaitu “Guru Baturetno Kaya Karya, Berhati Cahaya”. (@lisastuti)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter