Grapyak Semanak Dapodik 2021 Kecamatan Baturetno Dapodik TK Maju Bersama Salam Satu Data

Memasuki tahun pelajaran 2020/2021, TK se_Kecamatan Baturetno mempersiapkan diri untuk menyambut launching Aplikasi Dapodik 2021. Dikarenakan untuk tahun ini Aplikasi Dapodik TK-PAUD melebur jadi satu dengan Dikdas. Menu yang terdapat di dalam Aplikasi Dapodik TK tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu semua harus mempersiapkan diri, terutama untuk spesifikasi laptop. Laptop harus minimal windows 8/10/12 serta versi system 64bit, karena bila dibawah itu akan terjadi kegagalan instal aplikasi.
Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021

• Tanggal : 19 Juli 2020
• Yth. Bapak/Ibu

1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi
3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
4. Kepala LPMP
5. Kepala PP/BP PAUD dan Dikmas
6. Kepala PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan PKBM
di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan.
Aplikasi Dapodik versi 2021 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.
Kode registrasi Aplikasi Dapodik untuk satuan pendidikan pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diubah menjadi kode registrasi format baru yang akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Akun petugas pendataan tidak mengalami perubahan, sehingga akun pada aplikasi sebelumnya dapat digunakan untuk registrasi pada Aplikasi Dapodik versi 2021.
Catatan untuk satuan pendidikan SKB/PKBM, Aplikasi Dapodik versi 2021 belum dapat mengakomodasi peserta didik yang mengikuti dua program pendidikan dalam waktu yang sama (contoh: peserta didik terdaftar di rombel paket C dan kursus). Fitur ini akan diakomodasikan pada rilis berikutnya.
Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021 yang dapat diunduh di menu unduhan laman dapodik atau pada bagian lampiran berita ini yang memuat petunjuk teknis instalasi, registrasi online/registrasi offline, serta deskripsi dari setiap perubahan dan perbaikan pada Aplikasi Dapodik versi 2021.
Selanjutnya bagi segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP) dengan tetap menjaga kualitas data.

Setelah launching Aplikasi Dapodik keluar, TK se-Kecamatan Baturetno mengadakan pertemuan dan menginstal bersama di TK Al Falah. Pertemuan perdana dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2020 mulai jam 08.00 s.d 14.00 WIB. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Arya dari Kecamatan Tirtomoyo dan Bu Uri selaku operator TK Al Falah sekaligus ketua Forum OPS TK Kecamatan Baturetno. Bapak Arya juga salah satu operator di salah satu sekolah di Kecamatan Tirtomoyo. Dari pertemuan ini pada awalnya semua berjalan lancar dan tanpa kendala, akan tetapi selang waktu berjalan sedikit ada permasalahan tentang akun yang kebanyakan tidak aktif/mati. Karena kebanyakan akun tidak di aktifkan atau tidak sering dibuka, menurut mereka asal dipakai untuk instalisasi berhasil berarti masih aktif. Tapi alhamdulillah dengan bimbingan narasumber yang mengerti kendala para operator semua dapat terpecahkan. Dari sekian banyak lembaga yang ada, hanya 7 lembaga yang akunnya benar-benar aktif. Setelah pertemuan pertama semua akun yang tidak aktif disarankan untuk mengajukan akun baru lewat ult lpmp yang nanti akan di approve oleh operator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.
Selanjutnya pertemuan kedua untuk finalisasi dan syncron bersama dilaksanakan di Aula Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno. Pertemuan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 dari jam 08.00 s.d 15.00 WIB. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Warno, S.Pd.,M.Pd. selaku Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno dan juga dihadiri Bapak Eko Hargito, S.Pd.,M.Pd. selaku Ketua K3S SD. Acara ini dipandu oleh Bu Uri dan Bu Galuh selaku perwakilan operator TK Kecamatan Baturetno. Narasumber dalam kegiatan ini masih dengan beliau Bapak Arya dari Kecamatan Tirtomoyo. Beliau membimbing semua operator dengan sabar, karena ini masih merupakan hal yang baru bagi operator TK. Dengan aplikasi Dapodik yang sangat berbeda dan kendala serta masalah yang berbeda juga, operator banyak bertanya dan ngangsu ilmu banyak serta saling sharing bersama, bantu – membantu satu dengan yang lain. Siapa saja yang sudah selesai dan syncron, membantu teman yang lain supaya bisa cepat selesai. Bapak Korwil berpesan supaya hari ini semua harus bisa syncron. Itu semua menjadi semangat para operator untuk mengerjakan sebaik mungkin dan bisa syncron pada hari itu juga. Bapak Arya menjelaskan secara runtut langkah – langkah pengerjaan dari awal sampai akhir. Dengan kesabaran yang dimiliki, beliau membimbing para ibu – ibu dan mbak – mbak operator yang banyak tanya – tanya, beliau mengarahkan dan menjawab segala kendala yang dihadapi.
Alhamdulillah pada hari itu 90% lembaga TK se-Kecamatan Baturetno berhasil syncron dan untuk lembaga yang belum syncron tetap lanjut mengerjakan sebelum batas akhir bulan Agustus 2020 ini. Teman – teman siap membantu semaksimal mungkin untuk membantu apabila diperlukan supaya semua lembaga bisa 100% bisa syncron. Terima kasih kepada narasumber Bapak Arya dan Tim TK yang di pimpin Bu Uri serta Bu Galuh, sehingga pertemuan Dapodik 2020 ini berjalan dengan baik, lancar, sukses serta nantinya mendapatkan data yang berkualitas.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.
Salam Kompak Selalu Untuk Operator TK se-Kecamatan Baturetno.
Maju Bersama.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter