Gelar Pelatihan Jurnalistik, Korwilcam Bidik Baturetno Siap Cetak Guru Jurnalis

Baturetno – Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno bekerja sama dengan Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Bidik Baturetno  menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar pada tanggal 4 s.d 12 November 2021.

Kegiatan diselenggarakan secara luring dan daring dengan mengusung tema “Membangun Semangat Jurnalis di Satuan Pendidikan”. Kegiatan luring bertempat di aula SDN 2 Baturetno dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sedangkan kegiatan daring  direncanakan menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 55 peserta yang merupakan Guru TK dan SD wilayah kecamatan Baturetno.  Dalam kegiatan ini, tim kreatif konten Bidik Baturetno menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidangnya yaitu Gito seorang jurnalis dan sekaligus Kepala Sekolah SD Negeri 2 Watuagung Kecamatan Baturetno.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Warno selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno. Harapannya untuk guru di wilayah Kecamatan Baturetno bisa menjadi guru jurnalis yang dapat menumbuhkan motivasi positif untuk peserta didiknya.

Selanjutnya kegiatan dinyatakan resmi di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang diwakili Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri , Retno Puspito Rini.

Saat membuka acara, Kabid PTK tersebut memberikan apresiasi kepada guru di wilayah kecamatan Baturetno yang tetap semangat menambah ilmu melalui kegiatan pengembangan diri di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Gito sebagai narasumber menyampaikan beberapa materi, diantaranya: aktivitas jurnalisme, jenis teras (lead) berita, kriteria berita, elemen berita,fungsi pers, dan jenis tulisan. Serangkaian pelatihan pada hari pertama berjalan dengan tertib dan lancar dan ditutup pada pukul 14.00 WIB.

 

Penulis : Ani Subekti  (SDN 1 Sendangrejo)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter