Berani Beda, Cara Distrik Baturetno Adakan Seleksi Lomba FTBI

Baturetno : Dalam mempersiapkan peserta lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang diselenggerakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah  Distrik Baturetno tampil beda dari yang lainnya. Perbedaan terebut dilihat dari proses seleksi.

Bertempat di SD Negeri 2 Baturetno, Selasa (9/11/2021) distrik Baturetno yang terdiri dari Kecamatan Karangtengah, Tirtomoyo, Batuwarno, Baturetno, Giriwoyo, Giritontro, dan Paranggubito sepakat mengadakan seleksi FTBI tingkat Distrik secara luring.

Jalannya seleksi dengan menerapkan protokol kesehatan. Seleksi tersebut bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul yang nantinya diikutkan seleksi ke tingkat Kabupaten mewakili distrik Baturetno.  Melalui seleksi secara langsung, akan diketahui potensi anak secara maksimal.

Sigit Hartanto sebagai ketua pelaksana seleksi mengatakan, lomba tingkat distrik dikuti oleh sejumlah peserta dari masing-masing kecamatan se distrik Baturetno. Peserta menulis gurit putra sebanyak 2 anak dan putri 1 anak . Untuk peserta membaca gurit putra sebanyak 3 anak dan putri 4  anak. Sedangkan kategori mendongeng jumlah peserta putra 1 anak dan mendongeng putri 1 anak.

Kegiatan dibuka oleh Korwilcambidik Baturetno. Dalam sambutannya, Warno sebagai Korwilcambidik Baturetno mengatakan, “Selamat datang peserta seleksi lomba FTBI tingkat distrik di Kecamatan Baturetno. Dalam seleksi benar-benar ambillah yang terbaik. Dari yang terbaik inilah nantinya yang kita kirimkan untuk mewakili distrik Baturetno ke tingkat kabupaten. Semoga dari wakil distrik Baturetno dapat lolos ke tingkat provinsi.”.

Menurut Purwono Ketua K3S Tirtomoyo saat mendapingi seleksi mengatakan sangat mendukung adanya seleksi Lomba FTBI. Selaku K3S akan mendorong dan memotivasi selalu kegiatan semacam ini. Karena dengan adanya kegiatan ini akan mengangkat budaya Jawa dan melesetarikannya. Harapannya ke depan lomba-lomba semacam ini tetap ada.

Dari hasil seleksi tersebut yang berhasil lolos dan nantinya  mewakili distrik Baturetno ke tingkat kabupaten dari cabang lomba membaca gurit putri adalah Fira Anindya Hutomo dari Kecamatan Giriwoyo. Dari cabang membaca gurit putra adalah Nadhif Ramadhan Azzufar dari Kecamatan Baturetno.

Untuk cabang lomba menulis gurit putri diwakili oleh Hanindita Riesya Damaretta dari Kecamatan Baturetno. Dan untuk menulis gurit putra akan diwakili oleh Erlangga Hidan Widhiansyah.

Sedangkan dari cabang lomba mendongeng putri diwakili oleh Irene Hanindita Gunawan dari Kecamatan Baturetno. Dan lomba mendongeng putra diwakili oleh Ade Ehza Gustama dari Kecamatan Baturetno.

Sebagai juara 1 lomba maca gurit, Nadhif Ramadhan Azzufar dari SDN 1 Baturetno mengatakan bersyukur bisa ikut seleksi lomba FTBI dan mewakili distrik Baturetno, karena dengan lomba tersebut bisa mempelajari bahasa jawa yaitu bahasa ibu sendiri dan melestarikan budaya jawa. (Gito)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter