WALAU HUJAN ANAK-ANAK TK DAN KB KECAMATAN BATURETNO TETAP SEMANGAT MENGIKUTI VAKSIN KE-2

Pemberian vaksinasi sebanyak dua kali bertujuan untuk memberi kesempatan sistem imun tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi. Termasuk vaksinasi covid-19 ini perlu disuntikan lagi karena:

  1. Suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal terhadap vaksin yang diberikan.
  2. Suntikan kedua meningkatkan kekuatan respons imun yang sebelumnya sudah terbentuk.

Kekebalan tubuh baru akan tercipta sepenuhnya dalam kurun waktu 28 hari pasca penyuntikan vaksin kedua.

Empat minggu sudah berlalu, dan kini tibalah saatnya untuk anak-anak dari lembaga TK dan KB Kecamatan Baturetno untuk mengikuti vaksin yang kedua. Vaksin kedua untuk anak usia 6 tahun sampai 11 tahun yang berada di lembaga TK dan KB Kecamatan Baturetno ini dilaksana pada hari Selasa tanggal 22 Februari 2022 di TK Alfalah Baturetno. Meskipun  sejak pagi sebelum pelaksanan vaksin kedua ini diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat anak-anak dan orang tua murid.

Peserta  vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di lembaga TK dan KB kali ini  bertambah karena untuk anak yang saat ini sudah berusia 6 tahun bisa mendapatkan vaksin pertama. Dalam pelaksanaan vaksinasi kedua ini waktunya agak molor tidak sesuai jadwal yang sudah direncanakan, dikarenakan semua petugas medis dari Puskesmas harus menjalani swab terlebih dahulu. Ini dilakukan oleh pihak Puskesmas agar semua menjadi lebih baik. Karena saat ini baru banyak anak, orang tua yang sedang batuk, pilek dan panas.

Sebelum dimulai vaksinasi ada sedikit pengarahan dari dr. Retno Hapsari salah satu petugas medis pelaksanaan vaksin kedua ini. Setelah itu anak-anak, orang tua dan guru pendamping diajak  berdoa bersama, untuk yang Muslim dengan membaca Basmalah dan yang beragama lain berdoa sesuai agama yang dianut. Doa ini dipimpin oleh Ibu Eni Nurwidayati, S.Pd AUD selaku tuan rumah  Kepala Sekolah TK Alfalah Baturetno.

Seperti halnya vaksin pertama kemarin anak-anak divaksin sesuai giliran yang sudah dijadwalkan oleh pengurus IGTKI. Dalam vaksinasi kedua ini ada yang tidak hadir dikarenakan sedang batuk pilek. Selesai anak dari lembaga TK dan KB dilanjutkan anak dari lembaga SD yang saat jadwal SD gagal vaksin. Untuk kartu vaksin kedua nanti akan dibagikan lewat lembaga masing-masing. Terima kasih anak-anak hebat, terima kasih bapak ibu orang tua murid sudah menemani anak-anak sampai selesai, semoga menjadi anak yang sehat semua. Menjadi generasi yang sehat. Salam sehat jangan lupa bahagia. (Suwarni)

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter