TK Wiyata Wacana Lakukan Home Visit : Jalin Kedekatan Guru dan Peserta Didik dan Orangtua Disaat Pandemi

Di masa pandemi covid-19 ini yang pembelajaran serba online atau jarak jauh, merupakan suatu permasalahan yang perlu dan harus diatasi apalagi di dunia Pendidikan. Setelah covid-19 merajalela guru merasa kebinggungan mengenal peserta didik, demikian pula untuk peserta didik jika ditanya siapa gurunya merasa binggung dalam menjawab. Hal ini menjadi suatu pergumulan bagi kita. Berbagai usaha dicoba dan dilakukan secara online.

Sampai akhirnya Sri Lestari, S.Pd selaku Kepala Sekolah TK Wiyata Wacana Baturetno mengajak guru melakukan home visit atau kunjungan rumah. TK Wiyata Wacana Baturetno mempunyai 26 siswa, dan rumahnya diluar lingkup sekolah. Untuk itu home visit dijadwalkan setiap hari 4 sampai 5 siswa yang dikunjungi.

Betapa senangnya peserta didik saat ketemu sama gurunya. Orangtua juga antusias saat menyambut pendidik berkunjung ke rumah. “Setelah ada kunjungan rumah anakku mau belajar di rumah, Bu”. Kata salah satu orang tua murid.

Meski home visit sangat menyita waktu, akan tetapi kami bisa saling mengenal lebih dengan dan tahu perkembangan anak secara langsung. “ Berhubung home visit sangat bermanfaat maka kita perlu menjadwalkan. Asal bisa meminit waktu kita pasti bisa “ kata Tri Widiningsih, S.Pd selaku guru TK Wiyata Wacana Baturetno.

Penulis: Suwarni, S.Pd AUD

TK Wiyata Wacana Baturetno

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter