Peringati HAORNAS 2020, PTK SD Baturetno Gelar Senam Massal

Tubuh yang sehat dan ideal merupakan idaman setiap orang. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Olahraga bisa dilakukan siapa saja, baik untuk anak kecil, orang dewasa sampai lansia pun masih memerlukannya untuk menunjang kesehatan. Hal itu dilakukan karena banyak manfaat yang diperoleh apabila rutin berolahraga. Beberapa manfaat yang diperoleh yakni olahraga dapat menjauhkan dari beragam penyakit, membuat tubuh lebih tegap, merangsang pertumbuhan ideal, meningkatkan daya pikir, dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut di atas, setiap 9 September bangsa Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). “Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Baturetno Kabupaten Wonogiri melalui guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) telah merancang beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Haornas 2020 tersebut”, kata Warno, S.Pd., M.Pd. selaku Korwil Kecamatan Bidik Baturetno. Salah satu kegiatan tersebut adalah menggelar Senam Massal secara serentak pada hari Rabu, 9 September 2020 mulai jam 07.00 WIB hingga selesai di unit kerja masing-masing, ujarnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Penjaga, dan Tenaga Kependidikan di Wilayah Bidang Pendidikan Baturetno.

“Dengan tema Mari Tetap Menjaga Imunitas Tubuh dengan Terus Berolahraga serta Menerapkan Protokol Kesehatan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2020 kali ini kita selalu berusaha membumikan slogan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat”, kata Nanang Sri Wibowo, S.Pd. selaku ketua KKG PJOK Kecamatan Baturetno. Bentuk olahraga dalam rangka memperingati Haornas Tahun 2020 di Kecamatan Baturetno kali ini adalah dengan melakukan senam serentak/massal. Jenis senam yang dilaksanakan bebas, mulai dari Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Senam Pramuka, Senam Gemu Famire, Senam Aerobik, dan lain-lain.

Selain bertujuan untuk memperingati Haornas 2020, senam massal ini untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat khususnya bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Baturetno di masa pandemi Covid-19 yang mungkin kurang aktivitas utamanya dalam hal olahraga, imbuh Nanang Sri Wibowo. Dia juga berharap, kegiatan olahraga seperti senam meskipun masih di masa pandemi harus berjalan dan terus berjalan karena olahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan imunitas dalam pencegahan Covid-19.

Senam massal ini selaras dengan makna logo Haornas 2020 kali ini, warna kuning melambangkan optimisme masyarakat Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19, warna merah simbol energi dan semangat yang berkobar untuk terus berjuang, warna biru melambangkan kekuatan dan percaya diri bahwa Indonesia mampu mencapai kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga tertinggi, warna hijau simbol pertumbuhan ekonomi dalam sektor industri olahraga dan pariwisata, warna emas melambangkan prestasi olahraga Indonesia, dan warna merah oranye melambangkan inovasi pada pembangunan industri nasional. Ke depan semoga kegiatan seperti ini menjadi agenda sehingga lebih variatif lagi, tidak hanya senam massal tetapi juga kegiatan semacam lomba-lomba atau kegiatan olahraga lain dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat di lingkup Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter